Liga Champions 2019/2020, Eranya Juara Baru?

by -

METROPOLITAN.id – Delapan tim baru saja dipastikan berlaga di perempatfinal Liga Champions 2019/2020 dan akan bertanding 13-16 Agustus nanti dalam format satu pertandingan di tempat netral di Portugal.

Empat partai tersebut yaitu Atalanta versus PSG di Lisbon, Kamis (13/8) dini hari WIB, lalu RB Leipzig melawan klub Spanyol, Atletico Madrid di Estadio Jose Alvalade, pada Jumat (14/8) dini hari WIB. Sehari berselang, duel panas dua tim unggulan antara Barcelona versus Bayern Munchen di Estadio do Sport Lisbon, Sabtu (15/8) dini hari WIB dan terakhir tim Inggris, Man City bersua dengan Olympique Lyon di Estadio Jose Alvalade, Minggu (16/8) dini hari WIB.

Uniknya, dari delapan tim yang lolos, hanya dua klub yang punya sejarah memenangkan trofi si kuping besar. Musim ini eranya juara baru?

Dua klub yang pernah meraih juara Liga Champions, hanya Barcelona dan Bayern Munchen. Sisanya, belum pernah. Peluang makin besar lantaran dua tim itu justru bertemu di babak delapan besar dan dipastikan hanya satu tim ‘pengalaman’ juara yang masuk semifinal.

Baca Juga  Innalilahi.. Bus Terjun ke Jurang di Pagar Alam, 24 Orang Tewas

Sehingga jika dihitung secara matematis, peluang juara baru muncul di musim ini pun cukup besar, sekitar 75 persen. Beberapa tim disebut favorit, seperti Barcelona, Bayern Munchen, PSG hingga Manchester City. Namun, banyak juga publik yang berharap ada tim kejutan yang jadi juara baru, seperti Atletico Madrid, Atalanta, RB Leipzig atau Lyon.

Peluang Atalanta Juara

Laga delapan besar pertama akan menyajikan tim kejutan asal Italia, Atalanta yang menghadapi jagoan Prancis, PSG di Estadio do Sport, Lisbon, Kamis (13/8) dini hari WIB. La Dea (Julukan Atalanta) menjadi satu-satunya harapan klub Italia yang bertahan di kompetisi musim ini, mengalahkan tim besar lain seperti Juventus, Napoli dan Inter Milan yang gugur di fase sebelumnya.

Baca Juga  Lumat Lyon 5-1, Barca ke Perempatfinal

Di Serie-A, Atalanta juga memberi kejutan di Eropa dengan lolos ke Liga Champions musim depan. Atalanta finis di peringkat ketiga klasemen akhir Serie A 2019/20, tapi berhasil menorehkan jumlah gol terbanyak (98), jauh mengungguli Juventus yang jadi juara dengan 76 gol saja.

Namun, persiapan Atalanta terganggu dengan kabar bakal absennya kiper utama, Pierluigi Gollini, yang mendapatkan cedera lutut saat timya kalah 0-2 dari Inter Milan di pekan terakhir Serie-A 2019/2020. Selain itu, PSG juga dapat suntikan moral luar biasa setelah penyerang andalannya Kylian Mbappe sudah kembali latihan bersama rekannya setelah absen karena cedera saat tampil di final Piala Prancis, akhir Juli lalu.

Baca Juga  K Tenzpo Gandeng SMK Avicena Tenjo Bagi-bagi Masker Gratis

Meskipun belum dipastikan bisa tampil lawan Atalanta, kehadiran Mbappe disebut meningkatkan kepercayaan diri anak asuhan pelatih Thomas Tuchel untuk lolos ke empat besar. Jika mampu menunjukan militansi permainan seperti ditunjukan sepanjang musim ini, bukan tidak mungkin PSG bisa disingkirkan dan melanjutkan kejutan di Liga Champions musim ini. (ryn)

Jadwal Perempat Final Liga Champions 2019/2020

1. Atalanta-PSG (13/8, 02:00 WIB)
2. RB Leipzig-Atletico Madrid (14/8, 02:00 WIB)
3. Barcelona-Bayern Munchen (15/8, 02:00 WIB)
4. Man City-Lyon (16/8, 02:00 WIB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *