Mahasiswa IPB Edukasi Warga Nanggewer Soal Manfaat Tumbuhan Azolla.

by -

METROPOLITAN.id – Mahasiswa Kelompok 24 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar kegiatan edukasi tentang tanaman Spora Azolla kepada warga RW 12 Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (11/8).

Tanaman azolla merupakan tumbuh-tumbuhan yang hidup di air, berdaun kecil dan berwarna hijau tebal. Tumbuhan berdaun kecil ini pun mengandung protein dan vitamin yang banyak digunakan untuk bahan pakan ternak.

“Azolla ini bisa juga digunakan pakan untuk unggas karena bagus akan gizi dari tumbuhan tersebut,” kata Ketua KKN Kelompok 24, Rico.

Anggota KKN Kelompok 24, Ahfaz menambahkan, edukasi itu bertujuan agar warga dapat memanfaatkan tumbuhan tersebut, terlebih bagi para petani khususnya pegiat tanaman. Selain itu, Azolla sendiri banyak dilirik di pasaran karena manfaatnya itu.

Baca Juga  Masuk 100 Besar Dunia Pengelolaan SDGs

“Maka kami memberikan edukasi ini untuk mendorong ekonomi diwilayahnya,” terangnya.

Kegiatan pun dihadiri pemerintah Kelurahan Nanggewer, Kelompok Wanita Tani, pihak kepolisian, Babinmas, Sekolah Alam serta peternak lele di wilayah setempat.

“Alhamdullillah kedatangan mahasiswa ke Nanggewer kali ini saya sambut baik. Warga pun menyambut dengan baik juga,” papar Lurah Nanggewer Dwi Asih.

Kegiatan edukasi tersebut dihadiri 20-an peserta dari berbagai kalangan, mulai dari pegiat tani maupun tokoh masyarakat. Diselingi hangatnya sesi tanya-jawab.

“Kegiatan ini kami perhatikan sekali protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” tuntasnya. (cr1/a/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.