Marquez Absen, Valentino Rossi Kejar Rekor

by -

METROPOLITAN – Pebalap Valentino Rossi mengincar podium dalam seri MotoGP Ceko 2020 akhir pekan ini. Target itu ia kejar untuk bisa memecahkan beberapa rekor andai mampu finis tiga ter­depan.

Di sisi lain, target ini sendiri dipatok Rossi ditengah kepas­tian pebalap Marc Marquez harus absen di MotoGP Ceko 2020. Marquez harus absen karena cedera lengannya be­lum sembuh.

Rossi sendiri tengah dalam tren positif usai merebut po­dium ketiga pada MotoGP Andalusia, Minggu (26/7). Rider 41 tahun itu hanya ka­lah dari Fabio Quartararo dan Maverick Vinales yang ber­turut-turut menempati pe­ringkat pertama dan kedua di Sirkuit Jerez.

Keberhasilan Rossi menem­pati urutan ketiga di MotoGP Andalusia juga membuatnya masuk ke dalam buku rekor MotoGP. Rider tim Monster Energy Yamaha tersebut men­jadi pebalap pertama berumur 41 tahun atau lebih yang naik podium di kelas utama sejak Jack Findlay tahun 1977 (42 tahun 85 hari).

Menatap seri MotoGP Ceko 2020 yang digelar Minggu (9/8), Rossi berharap dapat mene­ruskan performa okenya dan menargetkan podium kem­bali. Hal tersebut bukan tidak mungkin, mengingat pebalap Italia itu sudah mulai nyetel dengan perubahan pada mo­tor Yamaha YZR-M1 miliknya.

Tidak hanya itu, Rossi juga bakal memecahkan dua rekor MotoGP apabila berhasil mendaki podium dalam ba­lapan yang digelar di Sirkuit Brno. Andai nantinya Rossi masuk ke dalam jajaran tiga besar di Ceko, maka ia akan menjadi pebalap pertama yang mampu naik podium seba­nyak 200 kali di kelas utama.

Melansir laporan Crash, Rossi saat ini tercatat sudah mengoleksi 199 podium se­panjang kariernya di kelas utama MotoGP. The Doctor berada di posisi pertama pada kategori tersebut dan unggul jauh di atas Jorge Lo­renzo yang mencatatkan 114 kali podium di kelas premier, serta Dani Pedrosa (112) dan Marc Marquez (95).

Selain mengejar podium ke-200, Rossi juga bisa memeca­hkan rekor sebagai pebalap tertua yang mampu dua kali podium secara beruntun dalam 54 tahun terakhir. Dia akan menyamai prestasi Jack Ahearn yang berhasil back-to-back podium pada balapan tahun 1966 di usia 41 tahun 282 hari. Mampukah Valentino Rossi memecahkan rekor-rekor ter­sebut? Kita tunggu saja di ba­lapan MotoGP Ceko 2020 akhir pekan ini. (dtk/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *