Pengunjung Pasar Ikan hias Parung Membeludak

by -

METROPOLITAN – Masa pandemi Covid-19 dan Pem­batasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang membuat se­bagian besar masyarakat beraktivitas di rumah, me­nimbulkan sejumlah hobi baru. Salah satunya meme­lihara ikan hias.

Sentra penjualan ikan hias terbesar di Indonesia terda­pat di kawasan Parung, Bogor, Jawa Barat. Pasar yang hanya dibuka pada Senin, Kamis dan Sabtu itu jadi favorit, khususnya para pedagang eceran karena menawarkan harga grosir.

Pembeli asal Tangerang, Suci, mengaku sengaja ber­kunjung ke Pasar Ikan Hias Parung karena menjadi pu­satnya ikan hias. ”Lebih me­milih ke sini, harga lebih murah. Saya cari ikan gapi untuk akuarium di rumah,” ucapnya.

Pembeli lainnya, Abdullah, mengaku hendak membeli perlengkapan kebutuhan aquascape miliknya. Sebab, di Pasar Ikan Hias Parung dapat membeli secara grosir. ”Butuh banyak ikan dan per­lengkapan lain, jadi memu­tuskan ke Pasar Ikan Hias Parung,” ujarnya.

Ikan cupang menjadi ikan hias yang paling diburu di Pasar Ikan Hias Parung. Sebab, budi daya ikan cupang ter­golong mudah dan sangat minim modal. Pembudi­dayaan ini sudah dilakukan warga di Kampung Lebakoca, Desa Semplak Barat, Keca­matan Kemang.

Salah seorang warga, Yogi, mengaku penjualan ikan hias tersebut sudah tembus mancanegara. Jenis ikan hias yang saat ini banyak di­minati masyarakat di anta­ranya ikan cupang nemo galaxi dan blue rim. Kedua ikan cupang hias itu memi­liki warna berbeda dengan ikan cupang lainnya dan berdaya jual tinggi. Tidak heran jika para artis pun ber­buru ikan cupang yang har­ganya hingga jutaan rupiah.

Sementara itu, harga ikan cupang hias di Kampung Le­bakoca sangat murah. Yakni mulai dari Rp5.000 hingga paling mahal Rp1 juta. Tak heran jika para peternak ikan cupang itu mengaku bisa meraup omzet Rp5 juta hing­ga Rp20 juta per bulan.

Bahkan rencananya Kam­pung Lebakoca akan dijadi­kan lokasi edukasi bagi ma­syarakat umum. Salah satu­nya pembudidayaan ikan cupang. Lokasi ini juga sudah dijadikan tempat mengajak masyarakat menambah pen­ghasilan dengan nilai fantas­tis. (okz/gen/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *