Proyek Rest Area Puncak Masih Proses Lelang

by -

METROPOLITAN – Proyek pembangunan kios rest area puncak tempat relokasi Pedagang Kali Lima (PKL) di area Pun­cak, Cisarua, Kabupaten Bo­gor, masih belum selesai tahap lelang. Padahal, proyek seni­lai Rp16,5 miliar itu diharap­kan bisa mulai dibangun pada 2020.

”Kita akan bangun 516 kios dengan luas masing-masing 11 meter persegi. Rinciannya, 100 kios untuk PKL basah atau sayur dan buah serta 416 kios untuk PKL kering atau oleh-oleh dan camilan,” terang Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disper­dagin) Kabupaten Bogor, Nuradi, di Cibinong, Kabu­paten Bogor.

Berdasarkan Layanan Peng­adaan Secara Elektronik (LPSE) Pemerintah Kabupa­ten Bogor, proyek yang dilelang sejak akhir Juli 2020 itu kini masih tahap evaluasi admi­nistrasi, kualifikasi, teknis dan harga. Lalu, proses lelang akan ditutup dengan penandatan­ganan kontrak pada 2 Sep­tember 2020.

Tercatat, 116 perusahaan sebagai peserta lelang, tapi hanya tiga perusahaan yang mencantumkan penawaran, yaitu PT Japayasaprima Kon­struksindo dengan penawaran tertinggi Rp16,3 miliar, ke­mudian PT Somba Hasbo Rp14,2 miliar dan PT Bumi Palapa Perkasa Rp13,4 miliar.

Nuradi menyebutkan, pembangunan rest area di lahan seluas 7 hektare milik PT Perkebunan Nusantara VIII itu juga melibatkan Kemen­terian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran yang dikucurkan Kementerian PUPR lebih do­minan, karena Pemkab Bogor hanya menjalankan penga­daan kios.

Berdasarkan LPSE Kemen­terian PUPR 2020 tercatat empat paket proyek yang di­peruntukkan bagi pembangu­nan rest area Puncak. Proyek paling besar yaitu pekerjaan penataan kawasan dan pembangunan senilai Rp61,7 miliar telah selesai lelang dan dimenangkan PT Subota In­ternational Contractor dengan nilai penawaran Rp48,1 mi­liar.

Lalu, proyek supervisi pena­taan kawasan dan pembangu­nan rest area senilai Rp2 mi­liar juga telah selesai lelang dan dimenangkan PT Bina­mitra Bangunsarana Pratama dengan nilai penawaran Rp1,5 miliar.

Dua proyek lainnya belum selesai proses lelang, yaitu perluasan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kawasan rest area senilai Rp13,1 mi­liar dan proyek supervisi SPAM kawasan rest area senilai Rp720 juta. (bis/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *