Pulang dari Malaysia, Sekeluarga Masuk RS Isolasi Covid-19

by -

METROPOLITAN – Dua keluarga dalam satu RT di Desa Tegalwaru, Kecamatan Ciampea, terpapar Covid-19. Keduanya terpapar dari sum­ber berbeda. Pertama, terpa­par dari pasien positif yang bekerja di Puskesmas Tenjo­laya. Sedangkan satunya lagi memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia.

Kades Tegalwaru, Nunung Nuriyah, mengatakan, mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, Pemdes Te­galwaru melakukan penyem­protan cairan disinfektan. ”Iya betul dua keluarga. Satu kelu­arga pulang dari Malaysia seminggu lalu sudah isolasi di Rumah Sakit Isolasi Covid-19 di Desa Kemang, Kecamatan Kemang,” terangnya.

Begitu pula dengan pasien yang bekerja di Puskesmas Tenjolaya. Perempuan beru­sia 20 tahun itu telah diiso­lasi di RS Kemang. “Tapi ayah, ibu, adik dan neneknya isolasi mandiri di rumahnya, sambil menunggu hasil swab test,” paparnya.

Mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor melakukan penyemprotan disinfektan di dua rumah yang terpapar di Gang Anggada 2 dan Anggada 3.

”Kami langsung menyemprot cairan disinfektan di dua gang itu. Kami juga minta dua gang itu ditutup sementara sampai pasien sembuh,” katanya.

Selain itu, pihak desa sudah melakukan pemantauan di kediaman dua keluarga ter­sebut. Ia meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik. ”Selalu patuhi peraturan pe­merintah tentang protokol kesehatan Covid-19. Tetap gunakan masker, mencuci tangan dan selalu menjaga jarak,” katanya.

Sementara itu, Camat Ci­ampea yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan, Chaerudin Felani, mengimbau protokol kesehatan harus te­rus diterapkan.

Sekadar diketahui, awalnya warga Kecamatan Ciampea yang positif Covid-19 ada 12 orang. Namun sekarang ber­tambah dua orang hingga totalnya ada 14 orang.

”Kita menekankan kepada kades dan RT/RW untuk te­rus mematuhi protokol kese­hatan, karena Ciampea sel­alu ada penambahan dan masih zona merah,” tukasnya. (ads/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *