Pusat Lumbung Sedekah Pangan ACT Ada di Gunungsindur

by -

Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendeklarasi Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Acara itu berlangsung di Desa Curug, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor, kemarin. Lumbung Sedekah Pangan ini berfungsi menampung dan mendistribusikan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan

PRESIDEN ACT Ibnu Khad­jar mengatakan, gerakan ini harus menjadi masif agar masyarakat, khususnya pra­sejahtera, bisa menerima bantuan, baik yang terdampak Covid-19 sehingga dapat men­ekan angka kemiskinan dan kebutuhan ekonomi. “Kami luncurkan gerakan nasional Lumbung Sedekah Pangan. Insya Allah hari ini 35 tempat akan kita aktivasi untuk gera­kan tersebut,” kata Ibnu.

Gerakan nasional Lumbung Sedekah Pangan merupakan bentuk aksi nyata yang dila­kukan ACT untuk masyarakat, khususnya masyarakat pra­sejahtera, agar dapat menekan angka kemiskinan dalam si­tuasi pandemi Covid-19. “Kami bermitra dengan ja­ringan-jaringan masjid dan komunitas untuk mengaktif­kan rak-rak makanan di ma­sjid-masjid,” katanya.

Ibnu menyebut posko induk nasional Lumbung Sedekah Pangan ada di Gunungsindur, Kabupaten Bogor. Selain itu ada posko wilayah di pro­vinsi dan posko induk daerah di kabupaten/kota. Semen­tara di level kecamatan dan kelurahan akan diaktifkan posko-posko unit Lumbung Sedekah Pangan. Posko-posko tersebut diaktifkan agar me­reka bisa berkoordinasi dengan masjid, sekolah dan komuni­tas. Supaya pada saat diaktif­kan, suplai pangan dapat terus berjalan dan tersalurkan ke masyarakat.

Masyarakat yang ingin mem­bantu berupa logistik bisa ditempatkan (di Lumbung Sedekah Pangan, red). Dan masyarakat yang membutu­hkan logistik bisa mengambil bantuannya di berbagai titik (Lumbung Sedekah Pangan, red),” ujarnya.

Ibnu menjelaskan para re­lawan akan terhubung ke berbagai posko Lumbung Sedekah Pangan untuk me­mastikan penyaluran ban­tuan terbagi secara merata sesuai kebutuhan. Untuk itu, armada-armada ACT di ber­bagai tempat disiapkan untuk memastikan distri­busi pangan ini merata.

Ibnu menerangkan, Lumbung Sedekah Pangan disuplai dari lumbung beras wakaf dan lumbung air wakaf. ACT akan fokus menyuplai beras dan air minum ke lumbung sedekah pangan di berbagai lokasi.

“Mungkin ada masyarakat atau korporasi yang berpar­tisipasi memberikan bantuan berupa singkong, ubi, kentang, gula, kornet, susu dan lain seba­gainya ke lumbung sedekah pangan. Nanti ACT akan me­nyalurkannya secara merata dan tepat sasaran,” katanya.

Menurutnya, masjid, sekolah, komunitas dan masyarakat bisa mengajukan diri menjadi posko Lumbung Sedekah Pangan. Nanti bantuan pangan disalurkan ke sana untuk disam­paikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan. (pal/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *