Rumpin Layak Jadi Ibu Kota Bogor Barat

by -

METROPOLITAN – Bupati Bo­gor Ade Yasin menyebut Keca­matan Rumpin layak menjadi ibu kota Bogor Barat. Musababnya, kecamatan itu dinilai merupakan kawasan yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Tangerang Selatan (Tang­sel) dan Banten.

“Letak Rumpin yang strategis ini sangat potensial untuk menjadi kawasan bis­nis dan pariwisata unggulan di kawasan Bogor Barat. Dekat dengan bandara, akses tol juga mudah,” kata Ade Yasin saat meresmikan Jembatan Gerendong Baru yang menghubungkan Rumpin dengan Ciseeng, Kamis (13/8). ­

Selain itu, rencana pem­bentukan Kabupaten Bogor Barat sudah sejak lama diu­sulkan. Mengingat jumlah penduduk yang besar, yakni 5,9 jiwa, maka pemekaran Bogor Barat sebuah keharu­san. Di hadapan masyarakat Rumpin, Ade Yasin mene­gaskan bahwa Kecamatan Rumpin layak dijadikan ibu kota Bogor Barat dengan beberapa pertimbangan pendukung.

“Berdasarkan pertimbangan potensi dan sumber daya yang dimiliki Kecamatan Rumpin, Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor serta para tokoh masyarakat pun berpandangan Rumpin sangat tepat untuk dijadikan ibu kota Bogor Ba­rat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kecamatan Ci­gudeg menjadi wilayah yang digadang-gadang menjadi ibu kota Bogor Barat jika dimekar­kan nanti. Bahkan, Tim Sekre­tariat Kabupaten Bogor sempat meninjau lokasi tanah yang nantinya bakal dijadikan pusat Pemkab Bogor Barat di Kam­pung Anyar-Palawijo, Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, awal tahun lalu. (fin/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *