Saint Iker Casillas Gantung Sarung Tangan

by -

METROPOLI­TAN – Legenda hidup Real Madrid, Iker Casillas se­cara resmi mengu­mumkan pensiun sebagai pemain sepak bola. Pria yang di­juluki Saint Iker itu gantung sarung tangan usai mengantarkan FC Porto juara liga Portugal 2019/20.

Pensiunnya Ca­sillas sendiri menutup karier profesionalnya yang sudah dilakukan selama 22 tahun. Sosok yang turut membawa Spanyol menjuarai Piala Du­nia itu tidak pernah tampil pada pertandingan kompe­titif sejak menderita masalah kesehatan serius pada Mei 2019.

Ia berhasil pulih dari se­rangan jantung untuk kem­bali bergabung dengan rekan-rekan setimnya di FC Porto. Casillas masuk dalam skuat tim Portugal itu untuk musim 2019/20.

Bagaimanapun, Casillas kini memilih untuk meng­gantung sarung tangannya sebagaimana yang ia ungkap­kan di akun Twitter resminya, Selasa (4/8). ”Hal terpenting adalah jalan yang Anda lalui dan orang-orang yang mene­mani Anda, bukan tujuannya. Menurut saya, saya dapat berkata tanpa ragu, bahwa ini adalah jalan yang tepat dan tujuan yang merupakan im­pian. Terima kasih,” tulisnya.

Casillas mengawali karier sebagai kiper remaja di Real Madrid dan mencatatkan 725 penampilan untuk Los Blan­cos. Ia membantu klub Ibu Kota itu memenangi lima gelar Liga Spanyol dan tiga gelar Liga Champions.

Ia juga menjadi kapten ne­garanya saat Spanyol men­juarai Piala Dunia 2010, serta Piala Eropa 2008 dan 2012.

Pada 2015, ia meninggalkan Real untuk bergabung dengan FC Porto. Di klub Portugal itu, Casillas mencatatkan 156 penampilan dan membantu mereka memenangi dua gelar liga. Casillas kini terlihat ingin mencari jalur pengab­dian di luar lapangan. Ia sem­pat mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri se­bagai presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), sebelum kemudian mengundurkan diri akibat krisis yang dise­babkan pandemi Covid-19.Real memberikan penghor­matan kepada mantan kapten­nya tersebut, dengan men­gunggah pernyataan positif di laman resminya. ”Real Madrid CF ingin memperli­hatkan apresiasi, kekaguman, dan cinta kepada salah satu legenda terbaik untuk klub kami dan dunia sepak bola.”

”Kiper terbaik sepanjang se­jarah Real Madrid dan sepak bola Spanyol datang ke rumah kami saat ia masih berusia sembilan tahun. Di sinilah ika­tan kami terbentuk dan berta­han selama 25 tahun, menjadi salah satu kapten paling ikonik bagi kami. Iker Casillas telah mendapatkan cinta Real Mad­rid dan merupakan patokan nilai-nilai yang mewakili Real Madrid,” demikian sekelumit pernyataan sang juara Liga Spanyol. (rep/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *