Sambut HUT RI, PT KAI Diskon Tiket 25 Persen

by -

METROPOLITAN – PT KAI (Kereta Api Indonesia) Per­sero memberikan diskon untuk para calon penumpang menyambut HUT ke-75 Indonesia. Diskon tiket kereta api jarak jauh yang diberikan yaitu hingga 25 persen.

Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi mengatakan, pro­mo diskon diberikan sebagai wujud KAI dalam meme­riahkan Hari Kemerdekaan. ”KAI memberikan potongan harga dan undian yang menarik bagi para pelanggan kereta api. Pelanggan cukup membayar 75 persen dari harga normal,” kata Maqin dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Ia menyebut promo ini ber­laku untuk perjalanan KA tanggal 6 hingga 31 Agustus 2020. Tiket yang mendapatkan promo jumlahnya terbatas, serta dapat dipesan di apli­kasi KAI Access, Web kai.id dan seluruh mitra resmi pen­jualan tiket KAI lainnya.

Ada 13 kereta api yang mendapatkan promo, yaitu KA Mutiara Selatan (Gambir-Malang), Turangga (Gambir-Surabaya Gubeng), Bima (Gambir-Malang), Harina (Bandung-Surabaya Pasar­turi), Mataram (Pasar Senen-Solo Balapan), Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi) dan Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi).

Ada juga Senja Utama Solo (Solo Balapan-Pasar Senen), Kertajaya (Pasar Senen-Sura­baya Pasarturi), Matarmaja (Pasar-Senen-Malang), Wi­jayakusuma (Cilacap-Keta­pang), Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo), serta Pasun­dan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng).

Tarif promo yang diberikan di antaranya KA Turangga sebelumnya Rp630.000 men­jadi Rp470.000, Bima Rp650.000 menjadi Rp490.000, Matar­maja Rp240.000 menjadi Rp150.000 dan Pasundan Rp230.000 menjadi Rp170.000.

Selain itu, pelanggan yang berangkat menggunakan KA Promo HUT ke-75 RI tersebut pada 17 Agustus 2020 berhak mengikuti undian dengan hadiah voucer tiket KA. KAI menyediakan 17 voucer tiket pada masing-masing KA Promo HUT ke-75 RI yang dapat digunakan untuk naik Kereta Api Kelas Eksekutif ke semua jurusan secara gratis.

”Khusus yang naik pada 17 Agustus 2020, KAI menyedi­akan 17 voucer tiket pada masing-masing KA Promo HUT ke-75 RI yang dapat di­gunakan untuk naik Kereta Api Kelas Eksekutif ke semua jurusan secara gratis,” ucapnya.

KAI tetap menerapkan pro­tokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan di tengah pandemi Covid-19. Calon penumpang wajib menyera­hkan hasil negatif swab tes atau rapid tes nonreaktif 14 hari sejak diterbitkan.

Sementara syarat lainnya seperti surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test. ”Wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 de­rajat, dalam kondisi sehat seperti tidak demam, batuk, flu dan sesak napas, serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang,” ujarnya.

Selain itu, calon penumpang kereta api jarak jauh juga di­haruskan mengenakan face shield selama dalam perjala­nan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Untuk calon penumpang dewasa, face shield akan disediakan KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia di bawah tiga tahun agar membawa face shield pri­badi. (kom/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *