Shakhtar Donetsk VS Basel, Akhiri Kutukan

by -

METROPOLITAN – Putaran perempat final Liga Europa 2019/20 akan menyuguhkan laga menarik antara Shakhtar Donetsk VS Basel. Laga ini akan berlangsung di Sta­dion Veltins-Arena, Rabu (12/8) pukul 02:00 WIB.

Dalam pertandingan ini, Basel memiliki target mengakhiri kutukan. Pasalnya, dari tiga kali pertemuan yang sudah dilakoni, mereka belum pernah merasakan keme­nangan dari tim asal Ukraina tersebut (M2 D1), yang terakhir menang 5-0 dalam pertan­dingan penyisihan grup UEFA Champions League 2008/09.

Namun, Basel berkembang dari satu-satunya pertemuan UEFA Europa League sebe­lumnya melawan klub Ukrai­na, mengalahkan FC Dnipro 3-1 secara agregat di babak 32 besar pada musim 2012-13.

Pada laga terakhirnya, FC Basel juga meraih kemenangan saat menghadapi Eintracht Frankfurt di babak 16 besar UEFA Europa League dengan skor 1-0 pada tengah pekan lalu. Dengan kemenangan tersebut, FC Basel juga hanya menelan kekalahan dalam lima laga terakhirnya di semua ajang (M2 S3 K0).

Sementara itu, pada laga terakhirnya, Shakhtar Donetsk meraih kemenangan di UEFA Europa League saat men­ghadapi VfL Wolfsburg dengan skor 3-0 pada tengah pekan lalu. Dengan kemenangan tersebut, Shakhtar Donetsk tanpa menelan kekalahan dalam lima laga terakhirnya di semua ajang (M4 S1 K0).

Shakhtar Donetsk juga telah mencapai perempat final UEFA Europa League pertama mereka sejak 2015-16, ketika mereka melakukannya di UEFA Europa League, meny­ingkirkan Sporting Braga se­belum dikalahkan Sevilla di semifinal.

Ini menjadi pertandingan perempat final besar UEFA Europa League pertama Basel setelah sebelumnya di UEFA Europa League 2013-14 me­reka disingkirkan Valencia. Mereka terakhir kali menca­pai semifinal kompetisi pada 2012-13 setelah mengalahkan Tottenham di perempat final musim itu.

Pemain Shakhtar Junior Mo­raes telah terlibat langsung dalam 13 gol dalam 16 penam­pilan di UEFA Europa League (11 gol, 2 assist). Ia juga me­miliki tembakan dua kali lebih banyak (14) dari pemain Shakhtar lainnya di Liga Eu­ropa musim ini. (pom/rez/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.