Siswa SMA di Jabar Dapat Kuota Gratis

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Pro­vinsi Jawa Barat sudah mem­berikan arahan program kuota internet gratis untuk menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) peserta didik tingkat SMA negeri sederajat.

Melalui program ini, kuota internet akan diberikan dalam bentuk SIM card berisi data internet yang kemudian di­bagikan ke masing-masing alamat peserta didik.

Sekretaris Disdik Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya, mengatakan, petunjuk teknis dan pelaksanaan pembagian data internet gratis telah di­berikan kepada masing-masing sekolah di Jabar.

Pemberian kuota atau data internet dan besarannya di­sesuaikan kebutuhan pihak sekolah. ”Disesuaikan ka­rena memang berbeda-beda kebutuhan kuota di setiap sekolah itu. Tapi ini sudah kami serahkan ke sekolah teknis pembagiannya,” ujar­nya.

Wahyu mengatakan, azas keadilan diberlakukan dalam pembagian kuota internet ini, sehingga tidak semua pe­serta didik bisa mendapat­kannya. Sekolah diberi ke­wenangan menginventari­sasi kebutuhan setiap pe­serta didik.

Menurut Wahyu, sekolah lebih mengetahui operator jaringan terbaik yang bisa di­gunakan di wilayahnya masing-masing. ”Misalkan kalau di satu tempat, yang bagus ope­rator A, terus di tempat lain operator B dan itu beda-beda. Kemudian besaran kuota dan lain-lain diserahkan kepada kebijakan masing-masing se­kolah,” tuturnya.

Kebijakan ini, sambung dia, berupa alokasi anggaran ke sekolah untuk kuota data in­ternet dan kebutuhan yang diperlukan.

Hal itu tergantung inven­tarisasi yang dilakukan ke­bijakan sekolah yang harus efektif dan efisien, sehingga tidak bisa disamakan antara kondisi sekolah atau peserta didik yang satu dengan yang lainnya. (tib/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *