Staf Positif Corona, 55 Dewan Jalani Swab Tes

by -

METROPOLITAN – Pasca-terpapar­nya sejumlah staf di Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor, 55 anggota DPRD Bumi Tegar Beriman menjalani swab tes. Kesepuluh petugas berpakaian lengkap dikerahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memeriksa wakil ra­kyat Kabupaten Bogor.

Kepala Seksi Surveilance Covid-19 Dinkes, Adang, mengatakan, pihaknya sengaja melakukan swab test lantaran ada temuan kasus positif Covid-19 di sekretariat DPRD. Untuk swab test kali ini, pihaknya hanya menyasar 55 anggota DPRD. ”Kita fokus ke anggota DPRD, karena kemarin-kemarin staf sudah melaksanakan rapid test,” ujarnya.

”Oleh sebab itu, ke-70 alat swab test disediakan. Walau anggota dewan ada 55, kita bawa 70 alat swab test. Ini kita lakukan untuk menjaga adanya kerusakan atau error alat swab test,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Sus­manto, mengatakan, kegia­tan tersebut merupakan salah satu cara memutus risiko mata rantai penyeba­ran Covid-19 di internal Se­kretariat DPRD Kabupaten Bogor. ”Tugas kita kan me­layani masyarakat, jadi kita harus pastikan kalau kita sehat. Kita tak ingin jadi sumber penularan. Kita ha­rus pastikan semuanya,” ucapnya.

Jika nanti ada temuan kasus positif Covid-19 pada ang­gotanya, DPRD Kabupaten Bogor bakal tetap buka dan tidak akan melakukan lock­down. ”Kita tidak akan menutup kegiatan, paling kita batasi saja. Kalau ada yang positif, kita akan fokus pada penanganan dan isolasi yang bersangkutan. Kita tak akan pernah tutup, karena tugas kita mengawasi dan menam­pung aspirasi masyarakat,” bebernya.

Sejauh ini, sambung dia, dari internal Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor sudah ada dua kasus positif Covid-19 dengan tiga orang dinyatakan reaktif Covid-19. ”Ada dua staf yang positif. Satu perempuan dan satu laki-laki. Mereka semua diduga kluster kelu­arga,” ujarnya.

Rudy menambahkan, dua orang yang dinyatakan posi­tif Covid-19 tersebut meru­pakan pendamping Komisi DPRD Kabupaten Bogor. Ia berharap hasil swab test 55 DPRD Kabupaten Bogor itu nonpositif. ”Semoga hasilnya negatif,” tukasnya. (ogi/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *