Sudah 6 Bulan Rusak, Kapan Diperbaiki?

by -

METROPOLITAN – Masyara­kat di wilayah Gunungputri, khususnya pengguna Jalan Cikuda, Desa Wanaherang, Kabupaten Bogor, mengaku terganggu dengan rusaknya jalan utama. Jalan yang selalu rusak, walaupun sudah dila­kukan perbaikan ini, diakui warga selalu jadi lokasi ke­celakaan. Ketua RT 03, Wana­herang, Hendrik (42), menyebut jalanan dalam kondisi rusak sudah berlangsung enam bulan.

“Kalau perbaikan sudah sering. Tapi ya gitu, bertahan cuma dua bulan, terus rusak parah lagi kayak gini. Di sini hampir setiap hari ada yang jatuh. Apalagi kalau hujan, banjir. Jadi lubang nggak ke­lihatan. Sehari bisa lima orang jatuh,” ujar Hendrik.

Hendrik pun meminta pihak berwenang segera memper­baiki jalan utama warga Ke­camatan Gunungputri tersebut. Karena sudah membahayakan, ia juga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan pengecoran agar awet dan tahan lama. Pasalnya jika hanya diperbaiki dengan lapisan aspal akan cepat rusak kembali.

“Mendingan langsung dila­kukan pengecoran. Kalau as­pal saja nggak bakal tahan lama. Paling ini yang bagian rusak parah 300 meter. Sayang uang kalau cuma diaspal kayak kemarin,” ucap Hendrik.

Pantauan di lokasi, kerusa­kan jalan memang sudah dalam kategori membahaya­kan. Bahkan, saat di lokasi, ada mobil pengangkut air yang terjebak dalam lubang hing­ga membahayakan mobil di belakangnya. Sesekali motor juga harus melakukan rem mendadak demi menghin­dari lubang di berbagai sisi jalanan yang menghubungkan Kecamatan Cileungsi dengan Gunungputri tersebut.

Staf Ekonomi dan Pembangu­nan Kecamatan Gunung­putri, Aby Condro, mengaku pihak kecamatan sudah mengajukan perbaikan jalan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor. Ia berharap pekerjaan perbaikan jalan bisa dimulai pada 2021, se­perti permintaan masyarakat.

“Untuk jalanan itu kita sel­alu perbaiki tiap tahun. Ada anggarannya juga. Kita sudah ajukan ke UPT dan PUPR, Insya Allah bisa dilakukan tahun 2021. Dilakukan peng­ecoran sesuai permintaan warga karena memang cepat sekali rusaknya,” harap Aby.

Kepala Dinas PUPR Kabu­paten Bogor Bibin Soebian­toro mengatakan, agenda peningkatan kualitas Jalan Cikuda sudah diajukan pada tahun ini. Selain itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) juga sudah melakukan survei ke lapangan, dan hasilnya dise­tujui. “Sudah masuk kegiatan di peningkatan jalan tahun ini,” terangnya.

Senada, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Sastra Winara menyebut perbaikan jalan harus segera dilakukan. Apalagi jika sudah memba­hayakan masyarakat. Pihaknya meminta laporan dari masy­arakat secara lengkap agar dapat langsung didaftarkan untuk mendapat anggaran peningkatan status jalan pada 2021.

“Minimal jika tidak ada pe­ningkatan, ada pemeliharaan dulu biar tidak membahayakan masyarakat. Saya juga minta foto lokasinya biar saya forward ke sana. Karena kalau pening­katan harus didaftarkan tahun ini untuk pengerjaan tahun depan,” tandas anggota Frak­si Gerindra DPRD Kabupaten Bogor itu. (rol/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *