Tanpa Marquez, Balap MotoGP Lebih Seru

by -

ME T­ROPOLITAN – Saat Marc Marquez lagi absen, balapan MotoGP 2020 tetap berlangsung menarik. Bahkan hasil-hasil dari empat seri bala­pan kelas primer sejauh ini jadi sukar ditebak.

Cedera bukan cuma mem­buat Marc Marquez tak kuasa meraih poin dalam gelaran MotoGP Spanyol di Jerez, yang menjadi seri pembuka musim balapan kelas primer MotoGP 2020. Ia juga harus absen sampai sekarang.

Rider Repsol Honda itu me­mang sempat muncul di lin­tasan Jerez jelang MotoGP Andalusia. Marquez bahkan sempat ikutan latihan dan melintas di sesi kualifikasi, walaupun tak mencatatkan waktu, sampai akhirnya batal balapan.

Proses pemulihannya ter­kendala lebih jauh karena kemudian harus naik meja operasi lagi. Peraih enam gelar juara dunia MotoGP dalam tujuh musim keikut­sertaannya sebelum MotoGP 2020 itu pun masih harus absen di seri berikutnya, MotoGP Austria.

Saat Marc Marquez tak lagi mendominasi, karena absen, MotoGP sejauh ini justru menghadirkan ba­nyak kejutan. Sebut saja keberhasilan Fabio Quarta­raro memuncaki klasemen MotoGP 2020 untuk semen­tara, antara lain karena ke­berhasilannya memenangi dua race awal yang juga merupakan momen-momen perdananya naik podium teratas kelas primer sejak turun di MotoGP 2019.

MotoGP Ceko 2020 pada hari Minggu (9/8) kemarin juga tidak luput dari kejutan. Sebelum balapan di Brno, siapa yang akan menduga podium teratas akan jadi mi­lik Brad Binder, seorang rider Red Bull KTM Factory Racing yang juga jadi rookie musim ini? Buat Binder dan KTM, hasil di Brno itu menjadi ke­menangan pertama di kelas primer MotoGP.

Menilik lebih jauh podium MotoGP Ceko 2020 pun me­negaskan betapa MotoGP musim ini sukar ditebak. Bu­kan apa-apa, Franco Morbi­delli yang finis kedua adalah rider tim satelit Yamaha, Pet­ronas Yamaha SRT. Selain itu, Johann Zarco (Esponsorama Racing) yang finis ketiga me­raih finis tersebut dengan menggunakan motor Ducati Desmosedici GP19-edisi tahun lalu dari Desmosedici GP20!

Dengan gebrakan para roo­kie dan nama-nama yang sebelumnya tak masuk hitungan, plus keberhasilan tim-tim satelit dan non-unggulan mengusik domi­nasi tim pabrikan yang lebih mapan, membuat MotoGP 2020 sejauh ini berlangsung tanpa bisa diduga hasilnya. Tetap seru sekalipun tanpa kehadiran Marc Marquez. (dtk/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *