Tiga Desa bakal Dijabat Pelaksana Harian Kecamatan Dramaga

by -

METROPOLITAN – Empat desa di Kecamatan Dramaga, yakni Desa Ciherang, Sukadamai, Neglasari dan Purwasari, bakal menggelar Pilkades Serentak pada November 2020.

Camat Dramaga, Ivan Pramudia, mengatakan, ada tiga kepala desa yang masa baktinya belum habis, namun berniat kembali maju dalam pertarungan Pilkades 2020. Di antaranya Desa Neglasari, Sukadamai dan Ciherang. “Mau nggak mau mereka diwajibkan cuti setelah ditetapkan sebagai calon kepala desa,” terang Ivan.

Nantinya, sambung dia, jabatan kepala desa yang kosong dan bakal dijabat sekretaris desa (sekdes) sebagai pelaksanaan harian (plh). “Totalnya di Kecamatan Dramaga ada empat desa yang akan menggelar pilkades pada 2020, yakni Desa Purwasari, Ciherang, Neglasari dan Sukadamai. Untuk Desa Purwasari, jabatan kepala desanya sudah habis dan diisi pjs dari ASN Kecamatan Dramaga.

Baca Juga  Warga Sukadamai Butuh Puskesmas

Sedangkan ketiga desa lainnya yakni, Ciherang, Neglasari dan Sukadamai jabatan kepala desa habis pada 2021. Walaupun jabatan kadesnya belum habis, pelaksanaan pilkadesnya ditarik ke tahun ini.

“Kalau ketiga kades itu kembali maju di pilkades, saat ditetapkan menjadi calon kepala desa di Pilkades 2020, mereka harus cuti sampai 15 November. Untuk jabatan kadesnya diisi plh yakni sekdes,” ujar mantan Sekcam Leuwiliang, Ivan.

Ivan menambahkan, untuk tahap Pilkades saat ini masih proses pembentukan panitia. Desa yang sudah dibentuk panitianya yakni Desa Purwasari, Desa Sukadamai, Ciherang dan Neglasari. Dalam pembentukan panitia Pilkades ini, seluruh BPD dan panitia diharapkan bersifat netral dan tidak menjadi tim sukses di internal panitia. Sebab, netralitas tersebut dibutuhkan agar tak terjadi indikasi kecurangan dalam pilkades.

Baca Juga  Cegah Anak Putus Sekolah, Camat Gandeng Sekolah Swasta

“Kami berharap panitia pilkades tidak ikut menjadi tim sukses supaya Pilkades pada November nanti berjalan aman dan tenang,” harapnya. (ads/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *