Wabup Bogor: Pramuka Harus Jadi Garda Terdepan Pencegahan Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Wakil Bupati (Wabup) Bogor Iwan Setiawan beeharap Pramuka menjadi garda terdepan dalam pencegahan virus corona atau covid-19.

Hal itu disampaikan Iwan saat peringatan Hari Pramuka ke-59 Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor di Auditorium Sekretariat Daerah, Jumat (14/8).

Peringatan Hari Pramuka kali ini mengangkat tema ‘Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara’.

“Peringatan Hari Pramuka tahun ini bertepatan dengan wabah pandemi covid-19. Temanya tetap beririsan dengan pandemi. Pramuka harus jadi garda terdepan menyosialisasikan dan menjadi duta anti covid-19,” kata Iwan setiawan.

Menurutnya, Pramuka harus terus aktif menyosialisasikan pemakaian masker, hand sanitizer dan prilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyebaran covid-19.

Dengan kepengurusan hingga ke desa-desa, Iwan menilai sosialisasi oleh pramuka akan sangat membantu pemerintah.

“Pramuka ini kan sampai ke desa, jadi lebih efektif dan masif. Sosialisasi ini harus maksimal,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor Agus Ridhallah mengatakan, gerakan Pramuka sudah bergerak melakukan sosialisasi pencegahan covid-19 sejak awal.

Langkah ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu menekan penyebaran virus tersebut.

“Kalau Pramuka sejak dari awal sudah melakukan sosialisasi. Kita berbuat. Contohnya membagikan masker, edukasi ke masyarakat, membantu petugas atau pemerintah ketika ada program sosialisasi,” ujar lelaki yang karib disapa Agus Ridho.

Di Hari Pramuka ini, Agus Ridho juga berharap Pramuka, khususnya di Kabupaten Bogor, bisa lebih maju dan berkembang.

“Pramuka harus siap menghadapi tantangan ke depan. Pramuka harus tetap memegang teguh karakternya,: pungkasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *