Walhi Desak Pemprov Jabar Tangani Sungai Cileungsi

by -

METROPOLITAN – Pence­maran Sungai Cileungsi kem­bali menjadi sorotan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Mereka mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov Jabar) melakukan penanganan segera. “Kemen­terian Lingkungan dan Ke­hutanan (KLHK) pun harus melakukan kajian pencema­ran sungai. “Harus menetap­kan kelas Sungai Cileungsi melalui kajian bedasarkan PP 82/2001,” ujar Direktur Walhi, Meiki W Paendong.

Baginya, hal itu harus dila­kukan agar dapat menetapkan status pencemaran salah satu di antara sungai besar di wi­layah Pemprov Jabar. Misalnya pencemaran yang terjadi dik­lasifikasikan dampak yang terjadi pencemaran berat atau sedang. “Jadi KLHK yang juga harus menetapkan juga meng­kaji peristiwa ini,” bebernya.

Untuk diketahui, pencema­ran di sana masih menjadi pantauan pihak lainnya. Ke­pala Ombudsman RI Perwa­kilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho mengaku telah mela­kukan monitoring terkait ke­jadian tersebut. Dalam waktu dekat Ombudsman akan me­nanyakan perkembangan penanganan tindak lanjut pencemaran Sungai Cileung­si. “Kami akan tanyakan ke Pemprov Jabar. Terkait upaya harus diketahui tergantung dari tindak lanjut yang sudah dilakukan pemprov,” singkat­nya. (reg/rb/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *