Warga Perumahan Gaperi Kompak Hias Kampung Jadi Warna-warni

by -

METROPOLITAN – Jelang HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, warga Perumahan Gaperi, RT 03/19, Desa Bojonggede, Kabupaten Bogor, merias kampungnya.

Mereka mempercantik lingkungannya yang bertema kehidupan. Jalanan dilukis yang menampilkan tulisan tentang ’Indonesia Sehat.’

Pembina pemuda RT 03/19, Kristopel, mengatakan bahwa lingkungannya mengedepankan empat aspek kehidupan, yakni Bhineka Tunggal Ika, go green, kreativitas dan edukasi kesehatan.

”Kita ini orang Indonesia dilahirkan dari segala macam bentuk perbedaan. Namun itu bukanlah hal yang harus diperdebatkan,” kata Kristopel, kemarin.

Ia mengatakan, warga di lingkungannya sejak dulu memelihara dan menerapkan gotong royong dan rasa toleransi sesama manusia.

Menurutnya, hal tersebut yang membuat soliditas di lingkungan tempat tinggalnya tetap terpelihara dan terjaga baik.

”Kita ini hidup berdampingan dari segala macam suku dan ras. Tapi kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Kami bersyukur warga di sini kompak dan tetap menjaga rasa persaudaraan,” ucapnya.

Terkait memeriahkan HUT ke-75 RI, warga tetap akan menyelenggarakan perlombaan untuk anak-anak, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, perlombaan tersebut bertujuan agar anak-anak tidak mengalami traumatik akibat tidak bisa bermain lantaran pandemi virus corona atau Covid-19.

”Khusus di RT kami itu tetap akan ada perlombaan dalam rangka memeringati HUT RI ke-75. Lombanya khusus untuk anak-anak. Kita utamakan aspek protokol kesehatannya. Kita tidak ingin juga melihat anak-anak sedih karena momen Kemerdekaan kali ini tidak ada suatu hal yang menarik akibat Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Bojonggede Sodikin mengapresiasi kereativitas warganya. Menurutnya, kreativitas dalam perayaan Kemerdekaan RI sangat bagus dan diharapkan menjadi pionir untuk ditiru pemuda lainnya.

”Tentu ini merupakan hal positif yang harus diapresiasi. Warga di sini dengan dana swadaya dan menerapkan protokol kesehatan mampu membuat lukisan seperti ini. Semoga kegiatan positif ini dapat dicontoh pihak lainnya,” ucapnya. (wk/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *