2800 Ton Sampah per Hari, Pemkab Bogor Perluas TPA Galuga

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana menambah luasan lahan di tempat penampungan akhir (TPA) Galuga, Cibungbulang pada 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Asnan mengatakan, saat ini Pemkab Bogor baru memiliki lahan sekitar 3,7 hektare di TPA Galuga sebagai tempat pembuangan sampah.

Lahan tersebut dinilai masih terbilang kurang untuk menampung produksi sampah di Kabupaten Bogor yang mencapai 2800 ton per hari.

“Kota Bogor saja punya hampir 40 hektare di sana, kita hanya punya 3,7 hektar. Tahun depan akan kita anggarkan untuk penambahan luas lahannya,” kata Asnan, Jumat (18/9).

Rencananya, Pemkab Bogor akan membeli sejumlah lahan milik masyarakat sekitar untuk menambah luasan lahan di TPA Galuga. Pemkab akan menggenapkan lahannya dari yang semula hanya 3,7 hektare menjadi 4 hektare.

“Kita kan baru punya 3,7 hektare, mungkin kita akan genapkan jadi 4 hektare. Atau bisa juga kita tambah 6000 meter persegi lagi. Tergantung nanti, kita kaji dulu berapa keperluannya,” ujarnya.

Disinggung soal besaran anggaran yang bakal dikucurkan, Asnan mengaku belum bisa bicara banyak mengenai hal tersebut. Pengajuan anggaran baru akan dilakukan pada tahun anggaran 2021 mendatang.

“Kita belum tahu pasti. Kan anggarannya di 2021 nanti,” tutupnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *