Ancaman Gempa Megatrusht dan Tsunami 20 Meter di Pantai Selatan Jawa, Ini Dampaknya untuk Bogor

by -
Dokumentasi Pantai Selatan Jawa

METROPOLITAN.id – Kajian ilmiah dari ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait potensi tsunami 20 meter menyita perhatian banyak pihak. Pasalnya, potensi tsumami yang diakibatkan adanya runtuhan dari zona megathrust ini juga bisa menimbulkan gempa dahsyat.

Dalam penelitkan ilmiah oleh ilmuwan ITB,  Sri Widiyantoro, secara umum menyebut bila ada runtuhan lempengan secara bersamaan di zona megathrust di selatan Jawa, maka akan ada gempa besar bermagnitudo 9,1. Gempa tersebut akan menimbulkan gelombang tsunami setinggi 20 meter.

PLT Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman mengatakan, bila memang terjadi gempa sebesar magnitudo 9,1, maka dampak goncangannya akan terasa hingga di kota-kota terdekat Sukabumi.

“Tentu bukan hanya wilayah selatan saja, kalau menurut hemat saya walaupun potensi gempanya di zona megathrust, tapi ini berdampak di kota-kota lain di sekitarnya, bisa saja terpengaruh sampai Bogor, Jakarta, Garut, Sukabumi, Cianjur dan sebagainya,” katanya saat dihubungi Metropolitan.id, Minggu (27/9).

Menurutnya, dampak gempa besar di zona megathrust itu juga akan menimbulkan tsunami setinggi 20 meter. Bila tsunami itu terjadi, paling terdampak adalah di wilayah sekitar Pelabuhan Ratu, Cisolok Tegalbulud dan beberapa titik lainnya yang dekat dengan bibir pantai selatan.

“Di wilayah Kabupaten Sukabumi Utara tidak mungkin karena sudah tertahan oleh bukit-bukit. Karena di Pelabuhan Ratu ada bukit-bukit tinggi lebih dari 20 meter. Jadi untuk tsunami Bogor tidak akan terdampak,” ucapnya.

Maman menjelaskan, menurutnya bila tsunami 20 meter terjadi, kemungkinan akan menyapu wilayah daratan sekitar 10-15 kilometer dari bibir pantai.

“Tapi tergantung dari kecepatan arusnya,” tambahnya.

Terkait mitigasi bencana tsunami, pihaknya telah membuat jalur-jalur evakuasi menu dataran tinggi. Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan edukasi kepada warga di pinggir pantai selatan terkait evakuasi saat tsunami terjadi.

Ia juga tengah mengajukan kepada pemerintah untuk dibuatkan bangunan tinggi yang kokoh dan bisa digunakan untuk evakuasi warga.

“Ada 9 titik yang kita ajukan, paling tidak bisa menampung sekitar 500 orang lah,” tukasnya. (Cr3/d/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *