Awas! Sukamakmur Longsor Lagi

by -
FOTO: DOK BPBD KABUPATEN BOGOR

METROPOLITAN – Pasca­hujan deras yang terjadi pada Senin (21/9), dua rumah warga di Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, hancur tertimpa longsoran tanah. Beruntung kejadian itu tidak mengakibatkan korban jiwa.

Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah desa setempat meminta seluruh warga di wilayah rawan longsor lebih berhati-hati. Mengingat kon­disi cuaca ekstrem yang per­lahan mulai terjadi.

“Kami meminta warga lebih berhati-hati karena curah hujan belakangan mulai tu­run dengan intensitas cukup tinggi,” kata Kepala Desa Su­kamakmur, Ujang Sunandar, kemarin.

Ia menjelaskan longsor ter­jadi menimpa dua rumah warga di Kampung Cikoneng, RT 01/05. Longsoran tersebut datang dari belakang rumah warga. Tepatnya berasal dari tanah reruntuhan Gunung Cikoneng. “Saat ini sedang dalam proses pemulihan lo­kasi yang terdampak,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sukamakmur Sukirman menyebut kerusakan yang terjadi pada rumah warga tidak begitu parah. Longsoran tanah dari gunung itu hanya menimpa bagian belakang rumah.

“Tidak terlalu parah. Kami juga sudah lakukan pemuli­han dengan membersihkan puing-puing dinding ber­sama sejumlah pihak,” ung­kapnya.

Kanit Satpol PP Kecamatan Sukamakmur Budi Rusnardi menambahkan, sejumlah warga harus lebih berhati-hati saat kondisi cuaca se­perti sekarang ini.

Ia mengimbau warga yang berada di sekitar lokasi rawan longsor di sejumlah pegun­ungan dapat langsung meng­evakuasi mandiri ketika curah hujan mulai turun.

“Solusi untuk korban dam­pak longsor kita bantu untuk kebutuhan sementara, dari mulai keluarga kita dan pem­bersihan sisa longsoran,” pungkasnya. (reg/rb/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *