Cegah Rabies, Diskanak Gencarkan Vaksin Hewan di 6 Wilayah

by -
Ilustrasi Rabies

METROPOLITAN – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) masih melakukan vaksinasi rutin gratis di enam wilayah yang rentan tertular penyakit rabies.

”Karena daerah Sukabumi dan Cianjur masih ada kasus, maka kami tetap melaksana­kan vaksinasi rutin gratis di enam Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Hewan (UPT Puskeswan) yaitu wilayah Laladon, Jasinga, Cibinong, Jonggol, Pamijahan dan Ba­bakanmadang,” kata Kepala Diskanak Kabupaten Bogor Oetje Soebagdja, Minggu (27/9).

“Bagi pemilik hewan se­perti anjing, kucing, musang, kera dan kelelawar bisa men­datangi UPT Puskeswan ter­dekat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, vaksi­nasi rutin gratis ini bekerja sama dengan Dinas Keseha­tan dan Balai Besar Konser­vasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah I Jawa Barat.

”Kalau untuk manusia yang terkena gigitan hewan penu­lar rabies maka akan divaksin oleh Dinas Kesehatan. Kalau hewannya yang rabies itu kera maka akan divaksin oleh BBKSDA Wilayah I Jawa Barat. Sementara untuk hewan an­jing dan kucing yang tertular rabies maka pemberian vaksin­nya dilakukan Diskanak,” tambahnya.

Pemberian vaksinasi rutin gratis ini dilakukan jajarannya bertepatan dengan World Rabies Day (WRD) tingkat Kabupaten Bogor setiap 28 September. (in/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *