Di Bogor, Fasilitas Rehabilitasi Narkoba Jadi Pusat Isolasi Pasien Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan kerjasama penanganan dan perawatan pasien Covid-19 warga Kota Bogor.

Nantinya, gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) fasilitas rehabilitasi narkoba di Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor itu akan menjadi pusat isolasi pasien Covid-19, dengan kategori ringan atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Gedung dua lantai yang disediakan berisi 23 kamar dengan 122 kasur bagi pasien. Namun untuk pasien positif bergejala, tetap dirawat di Rumah Sakit rujukan.

Selain itu, tersedia 20 kamar dengan 40 kasur untuk para tenaga kesehatan (nakes). Disana, pasien OTG dan nakes akan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Tak hanya itu, ada tempat olahraga, berjemur hingga ruang serbaguna.

Baca Juga  Khawatir Muncul Klaster Pasca-Demo di Kota Bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kerjasama penggunaan gedung di BNN untuk pusat isolasi Covid 19 untuk warga Kota Bogor ini akan berlangsung selama satu tahun. Fasilitas ini dikhususkan bagi pasien gejala ringan atau OTG, dimana sebelumnya pemkot menempatkan pasien OTG di rumah sakit.

“Mudah-mudahan nggak sampai setahun Covid-19 selesai. Disini tempatnya ideal, kami sangat berterima kasih dengan BNN yang merespon ini dengan cepat prosesnya,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa mekanisme penggunaan fasilitas di PPSDM BNN ini, pasien OTG akan melalui deteksi terlebih dulu. Jika masih memungkinkan isolasi di rumah dan wilayahnya mendukung, maka diperbolehkan.

“Tapi kalau tidak memungkinkan, apalagi misalnya ada sensasi dari warga, akan kesini langsung dikoordinasikan dengan Dinkes. Kita semua siapkan kebutuhan disini kita siapkan. Ini juga untuk menekan skor karena salah satu indikasi peningkatan status dari kuning, orange ke merah, karena kesediaan rawat inap di RS,” tandas Bima.

Baca Juga  Pemerintah Pusat Wacana Terapkan PPKM Darurat, Bima Arya: Itu Usulan dari Kami

Ditempat yang sama, Kepala PPSDM BNN, Shindu Setiatmoko menuturkan, pihaknya diberikan tugas untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. Ia berharap sinergi dengan Pemkot Bogor dapat membantu penanganan Covid-19 di Kota Bogor.

“Terutama memfasilitasi tempat berupa penginapan dan ruang serbaguna untuk penanganan Covid-19 dalam kurun waktu yang sudah disepakati,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *