Duit Tipis Tapi Ingin Liburan? Yuk Piknik ke Danau Bilabong Aja

by -

METROPOLITAN.id – Bingung akhir pekan ini mau kemana? Yuk rasakan sensasi piknik di Danau Bilabong. Anda tak perlu membayar tiket masuk karena untuk masuk ke area danau ini tak dipungut biaya sepeser pun.

Danau yang terletak di Perumahan Bilabong, Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor ini memiliki barisan pohon pinus yang rindang. Udaranya sejuk dari tiupan angin yang berhembus ari danau.

Di sana, anda bisa bersantai, duduk-duduk sambil menggelar tikar dan memandangi hamparan danau yang cukup luas itu. Tak perlu khawatir kelaparan, karena di sana banyak pedagang makanan dan minuman yang menggelar lapaknya.

Di bagian ujung danau, terdapat tumbuhan teratai yang menambah indah tempat wisata murah meriah itu. Banyak juga warga sekitar yang melakukan aktivitas memancing.

Akses menuju Danau Bilabong ini cukup mudah. Bagi anda yang melintas dari arah Parung dan Kota Bogor bisa masuk melalui pintu depan Perumahan Bilabong di Jalan Raya Kemang-Parung.

Atau bagi anda yang berangkat dari wilayah Cibinong dan sekitarnya bisa melalui Jalan Raya Tajurjalang, patokannya Gedung Puslitbang Polri.

Bila ingin berpiknik ke Danau Bilabong, anda tetap harus menjaga kebersihan dan tak buang sampah di sana. Sebab masih banyak di beberapa titik terlihat serakan sampah di rerumputan.

Seorang pedagang, Iwan mengatakan Danau Bilabong ini sudah ada sejak tahun 1995-an.

“Ini udah ada sejak lama saat saya masih kecil, ini danau asli,” katanya saat berbincang dengan Metropolitan, Jumat (18/9).

Lanjutnya, warga yang datang ke sana tak perlu membayar tiket masuk dan parkir. Yang penting, saat parkir kendaraan harus rapi dan tak membuang sampah sembarangan.

Ia mengatakan, setiap akhir pekan Danau Bilabong selalu ramai. Pengunjungnya tak hanya dari daerah Bogor, bahkan sampai dari Tangerang, Depok dan Jakarta. Saat akhir pekan, pedagang aneka makanan dan minuman ramai menggelar lapaknya di sana.

Selain itu, ada pula aktivitas senam pagi yang bisa diikuti oleh siapa pun. Banyak juga komunitas sepeda berkumpul di sana sebelum melanjutkan aktivitas.

Danau Bilabong ini sempat ditutup untuk umum saat masa awal-awal pandemi Covid-19.

“Kemarin sempat ditutup 5 bulan karena Covid, sejak awal puasa aja, baru dibuka lagi bulan kemarin,” tukas Iwan. (Cr3/d/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *