IWABO Gencar Tingkatkan Ekonomi Anggota

by -

METROPOLITAN – Banyak cara yang dilakukan untuk menyiasati hidup di tengah pandemi Covid-19. Seperti dengan berjualan online. Melalui pemanfaatan kecang­gihan teknologi, banyak pe­dagang dan pembeli bertran­saksi melalui dunia maya.

Hal itulah yang dilakukan para pedagang atau pengu­saha kecil dan menengah di Bogor untuk menjajakan ola­hannya dengan membentuk wadah yang dinamakan Ikatan Wargi Bogor (IWABO).

Para pedagang ini saling me­nitipkan barang dagangannya, dan hasilnya pun meningkat drastis.

Ketua IWABO Agus Rustan­di mengatakan, awal berdiri­nya IWABO terbentuk dari kesamaan para pedagang yang menjajakan dagangannya melalui media sosial.

“Saat ini anggotanya sudah mencapai 20 orang, dengan penghasilan yang lumayan sehingga bisa membantu eko­nomi keluarga,” kata Agus.

Pelbagai olahan yang dijaja­kan berupa air mineral, telur asin, jamu dalam kemasan botol, buntil, tutut, perabotan rumah tangga, puding buah mangga, cendol dan lainnya.

Dari hasil penjualan olahan tersebut, para anggota setiap harinya bisa mendapat keun­tungan bersih sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu. ”Da­ri usaha ini mereka bisa mem­bantu ekonomi keluarganya,” ungkapnya.

Keuntungan yang didapat mewajibkan anggotanya mem­bayar iuran bulanan sebesar Rp20 ribu per orang. Semua itu akan digunakan untuk ke­perluan sosial dan kebutuhan kantor sekretariat yang berke­dudukan di Jalan Arzimar 3, Kelurahan Tegalgundil, Keca­matan Bogor Utara, Kota Bo­gor.

”Alhamdulillah, walaupun masih seumur jagung, per­kembangan usaha IWABO makin meningkat dengan banyaknya para pedagang yang minitipkan dagangannya di sini,” pungkasnya. (ber/ar/ yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *