Jabar Ngutang Duit ke PT MSI, Kabupaten Bogor Kebagian Jatah Rp60 Miliar

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama 23 kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat memberikan restu kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk meminjam uang kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp1,8 triliun.

Dari jumlah tersebut, Pemkab Bogor kebagian jatah Rp60 miliar.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, peminjaman uang yang dilakukan lantaran kondisi keuangan Pemprov Jawa Barat mengalami defisit.

“Jadi nantinya uang tersebut bakal didistribusikan Pemprov Jabar ke sejumlah kota dan kabupaten,” kata Iwan usai video conference penandatanganan komitmen Pemulihan Ekonomi Bersama antara Gubernur Jawa Barat dengan kota dan kabupaten se-Jabar di Gedung VIP Tegar Beriman, Kamis (24/9).

Iwan menuturkan, akibat refokusing dan defisit anggaran yang dialami Pemprov Jabar, Pemkab Bogor hanya mendapatkan dana bantuan provinsi sebesar Rp161 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp60 miliarnya berasal dari pinjaman Pemprov Jabar.

“Biasanya kita dapat dana bantuan provinsi itu Rp250 miliar, tapi karna refokusing dan defisit kita hanya dapat Rp161 miliar. Itupun Rp60 miliarnya dari hasil pinjaman Pemprov Jabar,” ujarnya.

Anggaran yang didapatkan dari provinsi tersebut hanya boleh digunakan untuk tiga aspek. Pertama penciptaan lapangan kerja, kedua pengadaan bahan baku lokal dan ketiga manfaat sosial ekonomi masyarakat.

“Rencananya kuta akan digunakan sebagai langkah pemulihan ekonomi di wilayah Kabupaten Bogor. Termasuk bakal digunakan untuk pembangunan RSUD Ciawi dan RSUD Lewiliang,” pungkas Iwan. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *