Jalan Desa Pancawati Bogor Tertimbun Longsor

by -

METROPOLITAN.id – Bencana longsor yang diakibatkan dari curah hujan deras terjadi di RT 2/12 Kampung Ciapare, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Senin (21/9). Akibatnya, akses warga tertutup tanah longsor yang membawa material berupa tanah dan pohon yang berada diperbukitan yang masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) ini.

Kepala Desa Pancawati, Haji Ikbal menuturkan, awalnya hujan pertama kali turun pada pukul 15:30 WIB dengan intensitas yang cukup tinggi. Satu jam berselang, longsor setinggi 10 meter pun terjadi.

Nahas, di waktu yang bersamaan melintas empat unit motor yang dikendarai warga dan mengakibatkan motor beserta pengendaranya terseret longsor sejauh tujuh meter.

Baca Juga  Dewan Pelototi TLB Resort Ciawi

“Jadi saat mereka melintas itu langsung terseret sejauh tujuh meter. Kurang lebih ada 7 orang korban,” kata Ikbal kepada Metropolitan.

Namun Ikbal menerangkan kalau ketujuh orang tersebut kondisinya baik-baik saja, hanya ada satu orang yang mengalami luka sobek dibagian kepala dan itupun sudah ditangani di RSUD Ciawi.

Menurut Ikbal, kejadian longsor di akses jalan ini memang kerap terjadi jika hujan dengan intensitas lebat mengguyur kawasan Desa Pancawati.

“Memang sudah sering terjadi disini kalau hujan lebat, karena diatasnya kan ada aliran air untuk masyarakat. Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemkab untuk menanggulangi masalah ini,” jelas Ikbal.

Lebih lanjut, Ikbal menerangkan, saat ini kondisi jalan yang tadinya tertutup sejak pukul 16:30 WIB, kini sudah bisa dilewati lagi oleh warga. Material longsor pun sudah bisa dibersihkan oleh warga beserta anggota BPBD Kabupaten Bogor. (dil/b/ryn)

Baca Juga  Ahok Nyoblos Tak Pakai Kemeja Kotak-kotak Ditemani Sang Istri

Leave a Reply

Your email address will not be published.