Kejari Pelototi Bangunan Serbaguna Ambruk di Pasirmulya Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Insiden ambruknya bangunan serbaguna di RW 6 Kelurahan Pasirmulya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, akhir pekan lalu, menuai reaksi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor.

Ambruknya proyek bangunan yang sedianya baru rampung Juli lalu itu kini tengah dipelototi Korps Adhyaksa. Kepala Seksi (Kasi) Intelejen (Intel) Kasi Kejari Kota Bogor, Cakra Yudha mengatakan, pihaknya akan melakukan cek langsung ke lapangan serta mengumpulkan data dan fakta lapangan terkait ambruknya bangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) itu.

“Kita akan turun langsung dan memantau guna melakukan pendalaman,” kata Cakra kepada Metropolitan.id saat ditemui di Kantor Kejari Kota Bogor, Senin (21/9).

Sebelumnya, menurut kesaksian warga sekitar, Dede (32) menjelaskan kronologis ambruknya bangunan gedung Serbaguna tersebut terjadi pada pukul 23:30 WIB, saat itu tengah terjadi hujan deras dan tiba-tiba ambruk seketika.

Baca Juga  Ada Luka Lama sejak 2007

“Bangunan ini digunakan untuk pengajian ibu-ibu, dan anak-anak serta untuk salat Maghrib, baru beres dikerjakan tiga bulan, ambruk,” katanya.

Sementara itu, kejadian ini juga menuai respon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor dari Fraksi PKS, Dodi Hikmawan. Sebelum bangunan roboh, kata dia, warga sempat mengadukan kepada dirinya untuk mengecek pembangunan yang tengah dikerjakan saat itu.

Menurut dia, warga mengadukan adanya kejanggalan dan ketidaksesuaian dalam pekerjaan pembangunan ruang serbaguna dan saluran drainase yang memakan anggaran sebesar Rp84 juta itu.

“Sebelum roboh memang warga sudah mengadu, dan saat itu saya cek ada ketidak sesuaian,” ujar Dodi.

Dodi juga mengatakan, pihak ketiga harus memenuhi asas profesionalitas, dari mulai penunjukan hingga pelaksanaan kegiatan harus sesuai anggaran, gambar dan ketentuan-ketentuan yang ada.

Baca Juga  Ahmad Dhani Bikin Kandidat Lain Pasrah

“Pada waktu itu memang ditemukaan ada yang berpotensi pada penyimpangan ataupun merugikan,” tukasnya. (dil/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.