Lahannya Mau Digusur, Petani Demo di Tugu Kujang

by -

METROPOLITAN.id – Para petani asal Desa Iwul, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor menggelar aksi demo di Tugu Kujang, Selasa (8/9). Mereka menuntut agar eksekusi penggusuran lahan pertaniannya ditunda.

Pengacara dari perwakilan petani, Teger Beriman menjelaskan, para petani menggelar aksi demo karena tanah garapannya ingin dieksekusi Pengadilan Negeri (PN) Cibinong setelah digugat oleh PT KR. Eksekusi akan dilakukan pada Kamis (10/9).

“Yang menjadi keberatan para petaniĀ  PT KR sebagai penggugat hanya mengguggat 6 orang sebagai penggarap. Sementara tanah seluas 134 hektar ini bukan 6 orang itu saja,” ujar Teger.

Sementara, lanjutnya, ada 286 petani yang menggarap tanah milik negara itu. Para petani ini diklaim sudah menggarap tanah tersebut selama hampir 30 tahun.

Baca Juga  Beli Rush Pakai Receh, Nabung Tujuh Tahun

“PT KR itu mengaku pemegang hak guna bangunan, sementara di sana bangunan hanya beberapa biji. Tapi yang didugat hanya 6 orang saja,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya meminta agar proses eksekusi ditunda atas dasar kemanusian. “Kami minta penundaan, ini kan sedang Corona jadi tolong ditunda dulu,” ujarnya.

Sementara itu, seorang petani, Samad (50) berharap agar ekseksusi ditunda. “Saya buat makan, ongkos anak sekolah dari situ. Garap singkong,” terangnya.

Samad telah menggarap tanah tersebut sekitar 30 tahun dan sudah turun temurun. (Cr3/c/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *