Lima Desa di Parungpanjang Bogor Diterjang Angin Puting Beliung

by -

METROPOLITAN.id – Hujan deras yang disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Bogor. Bahkan angin puting beliung melanda beberapa desa di Kecamatan Parungpanjag, Kabupaten Bogor, Senin (28/9) sore. Sejumlah pohon tumbang dan atap rumah warga rusak terbawa angin.

Hal itu dibenarkan Camat Parungpanjang, Icang Aliudin, bahwa angin puting beliung melanda wilayahnya sore tadi. Tak kurang dari lima desa diserbu angin puting beliung, yaitu Desa Kabasiran, Desa Cibunar, Desa Gintung Cilejet dan Desa Pingku.

“Iya betul ada lima desa yang kena puting beliung. Ada beberapa kerusakan disebabkan angin puting beliung itu,” katanya.

Namun, ia belum bisa memastikan berapa kerugian yang disebabkan cuaca buruk itu. Yang jelas, kata Icang, paling banyak dampak dari angin puting beliung itu yakni pohon yang tumbang, bahkan hingga menghalangi jalan dan atap rumah warga yang terbawa angin.

“Belum dirinci, hanya ada beberapa laporan dari pesan singkat dan gambar saja bahwa ada pohon tumbang juga beberapa rumah warga yang genteng jatuh. Sebagian pohon tumbang gotong-royong warga, apalagi yang menghalangi jalan,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Adam Hamdani membenarkan peristiwa tersebut. Timnya masih kesulitan melakukan pendataan karena sebagian wilayah mati listrik akibat pohon tumbang.

“Belum ada data karena gelap gulita, mati listrik, pohon tumbang aja masih nempel di kabel,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *