Pejabat Pemkab Bogor Syarifah Sofiah Jadi Sekda Kota Bogor, ASB : Itu Sudah Benar

by -

METROPOLITAN.id – Terpilihnya Syarifah Sofiah sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor menggantikan Ade Sarip Hidayat mendapat reaksi dari DPRD Kota Bogor. Salah satunya anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PPP, Akhmad Saeful Bakhri.

Ia mengucapkan terima kasih untuk Ade Sarip yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai sekda dengan baik. ASB, sapaan karibnya juga mengucapkan selamat datang bagi Syarifah yang menjadi sekda wanita pertama di Kota Bogor. ASB menilai proses tidak mengkhianati hasil, terbukti dalam seleksi calon sekda Kota Bogor, pilihan Wali Kota Bogor disebut sudah tepat.

“Kapasitas dan kompetensi Bu Syarifah sudah sangat cukup, ditinjau dari pengalaman jabatan dan kemampuan kepemimpinan birokrasi, dari sisi ‘tour of journey’ jabatan sudah mumpuni untuk memimpin armada birokrasi kabupaten dan kota,” katanya.

Belum lagi, sambung dia, sosok mantan kepala Bappedalitbang yang besar di Kabupaten Bogor itu akan berperan lebih optimal dalam mengawal program dan kebijakan Kota Bogor, sebagai penyangga Ibukota Negara. Sehingga sekda bari diharapkan mampu meningkatkan komunikasi dan sinergitas pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, menjadikan kerangka berfikir lebih makro

“PR penting yang harus dikerjakan adalah bagaimana membangun chemistry dengan birokrat Kota Bogor untuk menjadi tim yang solid. Konsolidasi internal ini penting untuk menumbuhkan semangat kerja PNS, membawa etos kerja PNS Kota Bogor yang semakin baik,” tandasnya

Yang tak kalah penting, kata ASB, kepiawaian membangun komunikasi dan koordinasi dengan Forkompimda sebagai mitra penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga terbangun sinergitas dalam mewujudkan visi Kota Bogor untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, tdak kalah penting adalah menimba ilmu dari sekda pendahulu Pak Ade Sarip yang sudah mampu mengantarkan Kota Bogor sebagai salah satu Kota terbaik di dalam capaiannya. Seperti pepatah bilang pengalaman adalah guru terbaik.

“Jadi bukan bicara dia berasal dari mana, tapi ini karir ASN secara nasional. Harus mampu memback-up pak wali, dan siap menjadi motor terbaik ASN Kota Bogor. Mampu mendukung program Pemkot Bogor dan mampu menyelaraskan dengan legislatif dan saya yakin Bu Syarifah mampu,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya resmi ‘meminang’ Syarifah Sofiah, pegawai Negeri Sipil (PNS) tetangga sebelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor yang baru.

Syarifah pun menjadi wanita pertama yang duduk di kursi Sekda Kota Bogor, setelah menjadi suksesor Ade Sarip Hidayat.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor mengalahkan dua pesaingnya, yang merupakan PNS Pemkot Bogor, Hanafi (kepala Bappeda) dan Firdaus (kepala DPMPTSP). Rencananya, wanita kelahiran Pandeglang, 10 November 1964 itu akan dilantik besok (1/10).

“Setelah melalui proses panjang, pendalaman secara pribadi, diskusi dengan banyak pihak, kepala SKPD, para PNS, rekan-rekan media dan lainnya. Besok (1/9) Kota Bogor punya sekda perempuan pertama, yaitu DR Syarifah Sofiah,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya kepada awak media, Rabu (30/9).

Menurutnya, Kota Bogor punya tantangan kedepan, dengan mobilitas birokrasi yang kuat dan adaptif. Kehadiran Syarifah, ditengarai memperkuat sinergitas dan babak baru bagi hubungan Kota dan Kabupaten Bogor. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *