Pembobol ATM Sudah Beraksi Berkali-kali

by -

METROPOLITAN – Pelaku percobaan pembobolan me­sin ATM di Rumah Sakit FMC berhasil kabur setelah men­ceburkan diri ke sungai. Pelaku rupanya pernah mela­kukan aksi serupa di lokasi yang sama sekitar dua ming­gu lalu.

Pelaku yang belum diketahui namanya itu menceburkan diri ke sungai setelah kepergok ingin membobol mesin ATM Senin sore (1/9).

Komandan Sekuriti RS FMC, Baskara, mengatakan, awalnya aksi pelaku terpantau CCTV oleh petugas sekuriti. ”Ang­gota lapor ke saya katanya di ATM ada yang mencurigakan, kayak memasukkan sesuatu ke lubang ATM. Lalu saya merapat ke lokasi ternyata dia sudah tidak ada,” katanya.

Menurutnya, pelaku sebe­lumnya pernah melakukan hal yang sama sekitar dua minggu lalu. Namun saat itu ia beraksi bersama dua rekan­nya. ”Dua minggu lalu juga sama. Modusnya sama, tiga orang nggak ketangkap. Kay­aknya yang kemarin mirip satu orang itu,” terang Bas­kara.

Baca Juga  Sempat Kejar-kejaran, Pembobol ATM di RS Medika Dicokok

Ia melanjutkan, pelaku ter­nyata kabur melalui pintu keluar. Baskara dan anggota­nya melihat pelaku keluar dan berlari ke seberang jalan. Pelaku berlari ke arah Kali Baru di pinggir Jalan Raya Jakarta-Bogor. ”Dia lari, dike­jar sama saya. Di situ ada warga juga yang mau nangkap. Saya kejar pas di tengah-tengah jembatan ia berusaha loncat. Pas mau loncat tangannya satu masih kepegang sama saya,” terangnya.

Pelaku sempat bergelan­tungan dan Baskara sempat memegang tangannya. Namun pelaku malah meminta me­lepaskan tangannya. ”Saya juga ngeri dia bawa pisau atau apa. Dia berontak, licin jatoh lah dia,” ucapnya.

Baskara menceritakan, pelaku melancarkan aksinya dengan mengganjal lubang mesin ATM. Pelaku dan rekan-rekannya berpura-pura me­nolong dan mengintip nomor PIN korban.

Baca Juga  Duit ATM Digasak Pembantu (Asistennya)

”Dua minggu lalu kemarin pelaku sempat buka mesin, ada 19 kartu ATM yang kete­len. Dua belas yang diambil pelaku, tujuh masih di mesin,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Sukaraja, Kompol Ari Trisna­wati mengatakan, hingga kini pihaknya masih melaku­kan penyelidikan. ”Kejadian­nya kalau dari CCTV sekitar jam 17:00 WIB lewat. Jadi dia mau bobol ATM terus keta­huan sekuriti,” katanya. (cr3/c/ els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *