Perdana, Pemilihan Ketua OSIS Digelar Online

by -
DOK SBBI

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan SMA Bosowa Bina Insani Bogor menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Lewat aplikasi zoom, Pemilihan Ketua OSIS dan Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) tetap diadakan secara daring

PANITIA pemilihan be­kerja secara marathon usai gelaran Musyawarah Besar (Mubes) OSIS dan MPK di akhir periode kepengurusan 2019/2020. Selain mengha­silkan diterimanya laporan pertanggungjawaban ketua OSIS, dalam gelaran ini juga menetapkan calon ketua OSIS dan calon ketua MPK yang diusulkan para peserta Mubes.

Calon ketua OSI adalah: Akbar Aulia A. K (XI IPA 1), Adelianisa Prasasti L. (XI IPA 2), Farrel Haikal A. (XI IPA 2) dan Farrel Zulfikar A. (XI IPA 1). Ada pun calon ketua MPK adalah: Zahra Permata N. (XI IPA 2), M. Iqbal (XI IPS), M. Satrio Adji (XI IPA 2) dan Fathimah Nur Shafaa (XI IPA 2).

Selanjutnya, panitia pemi­lihan menetapkan juknis dan jadwal kampanye para calon, menetapkan hari tenang dan menentukan hari pelaksana­an pemilihan. Setiap individu kandidat diminta melakukan kampanye melalui video yang diunggah ke channel Youtu­be, juga kampanye di forum kelas daring dan diakhiri uji wawasan.

Puncaknya, sesaat jelang voting, para kandidat kem­bali diminta menyampaikan visi dan misi masing-masing, dilanjutkan uji wawasan dan kepemimpinan oleh para siswa dan dewan guru seba­gai panelis untuk memantap­kan pemilih menentukan pilihan.

Salah satu pertanyaan yang diajukan pada kesempatan ini adalah, “Menurut kalian, apa poin terpenting dari ke­pemimpinan?” “Poin terpen­ting dari kepemimpinan ada­lah optimis, sabar, tenang,” kata Farrel Zulficar Ardian­syah.

Akbar Aulia AK menjawab dengan mengutip jargon ke­pemimpinan Bapak Pendidi­kan Nasional, Ki Hajar De­wantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani.

“Di depan kita menjadi teladan, di tengah kita ber­sama-sama membangun organisasi, di belakang kita harus sportif agar bisa mendorong anggota-anggo­tanya bergerak menunjukkan kinerja yang baik untuk bersama-sama meraih tu­juan organisasi.”

Adelianisa Prasasti Lesma­na mengemukakan, “Poin terpenting dari kepemimpinan itu adalah amanah, bersikap profesional, bertanggung ja­wab dan mampu mendengar­kan pendapat orang lain.” Farrel Haikal Akbar menjawab, “Hal terpenting dari kepemim­pinan adalah optimis, mau mendengarkan pendapat orang lain dan bertanggung jawab.”

Acara uji wawasan ini dip­andu moderator Maheni Yunita Sari (guru Biologi di SMA Bosowa Bina Insani). Dan, selanjutnya adalah voting online melalui Google Form untuk memilih satu ketua OSIS dan satu ketua MPK. Tak lama dari dikirimkannya link Goog­le form di chat Zoom, panel kontrol di meja panitia menunjukkan angka bergerak cepat tanda para voter telah menentukan pilihannya.

“Hasil quick count, Akbar Aulia Ahsanu Kamil meraih suara tertinggi (43,8%) dan terpilih sebagai ketua OSIS SMA Bosowa Bina Insani 2020- 2021 Sementara itu, Muham­mad Iqbal juga meraih suara tertinggi (48,9%) dan terpilih menjadi ketu MPK SMA Bo­sowa Bina Insani 2020-2021,” kata Waka Kesiswaan SMA Bosowa Bina Insani, Eko Syafrudin. (re/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *