Perumahan Di-lockdown, Warga Pondok Aren Bantu Pasien Covid yang Isolasi Mandiri

by -

METROPOLITAN.id – Slogan RW Siaga Covid-19 benar-benar diterapkan oleh warga RW 07 Perumahan Pondok Aren, Kelurahan Ciluar, Kota Bogor. Disaat ada warga yang terpapar covid-19, penerapan protokol kesehatan diperketat dan pembatasan akses keluar masuk dibatasi.

Tak hanya melakukan pengetatan akses, warga juga sangat memperhatikan keluarga yang terpapar covid-19. Diketahui, ada 2 warga yang positif covid-19 dan kini sedang menjalani isolasi mandiri.

Ketua RT setempat, Mumu megatakan, mulai hari pertama kali pasien menjalani isolasi mandiri, warga lainnya membantu memenuhi kebutuhan sembako.

“Banyak yang bantu, kebutuhan sembako. Warga mengumpulkan di saya, lalu disalurkan ke rumah warga yang positif,” katanya kepada Metropolitan, Senin (28/9).

Lanjutnya, setiap hari ada saja warga yang memberikan bantuan. Tak hanya dari RT-nya, tapi dari warga RT lain.

Untuk menyalurkan bantuan, ia dibantu tim Satgas Covid RW mengantarkan ke depan rumah pasien menggunakan alat pelindung diri (APD).

Selain bantuan sembako, tim Satgas Covid di-RT nya juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke tiap rumah warga setiap harinya.

Selain itu, warga 24 jam berjaga bergantian di depan gang agar tak ada warga asing yang masuk.

“Kalau ada paket kita simpan di pos depan, terus warga tinggal ambil,” tambah Mumu.

Terkait pengelolaan sampah, khusus untuk sampah dari pasien positif covid-19 disimpan di plastik khusus lalu disemprotkan disinfektan. Sampah kemudian diangkut oleh truk sampah setiap Kamis.

Ketua RW 08, Aan mengatakan, anggota Satgas Covid di RW-nya sudah melakukan tugas dengan baik dengan melakukan pemantauan rutin.

Selain itu, warga dari tiap masing-masing RT juga ikut berpartisipasi untuk melakukan penjagaan di gerbang maauk perumahan.

“Sudah sembilan hari di-lock down, rencana sampai 3 Oktober. Sejauh ini 2 orang positif. Sebelumnya ada juga 2 orang yang positif tapi sudah sembuh,” kata Aan.

Selama di-lock down, warga asing yang tak berkepentingan dilarang masuk ke perumahan. Selain itu, warga juga wajib mengenakan masker saat beraktivitas ke luar rumah.

Pihaknya selalu berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 Kota Bogor, anggota Babinkamtibmas Polsek Bogor Utara serta Puskesmas. (Cr3/c/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *