Peserta BPJS Kesehatan Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah akan memberi bantuan vaksin corona kepada 93 juta orang. Penerima bantuan vaksin itu berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ke­tua Pelaksana Komite Penanga­nan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir, menjelaskan vaksin itu bakal terbagi dua macam. Per­tama, vaksin yang merupakan bantuan dari pemerintah ber­dasarkan data BPJS Kesehatan. Ia menyebut dari data itu ada 93 juta orang yang memerlukan bantuan.

”Kita harapkan juga vaksin ini sendiri ada dua tipe macam vaksin. Ada vaksin yang me­mang bantuan dari pemerin­tah melalui data BPJS Kese­hatan, yang memang ada 93 juta orang yang sangat me­merlukan. Jadi kita juga me­mastikan, yang memerlukan itu mesti dibantu program pemerintah,” katanya dalam teleconference, Rabu (2/9).

Baca Juga  50 Ribu Peserta BPJS PBI nggak Dapat Pelayanan Kesehatan

Kedua, vaksin mandiri. Maksudnya vaksin tersebut dipasarkan kepada mereka yang tergolong mampu. ”Ta­pi program yang mandiri juga kita libatkan karena kita tahu banyak juga pihak-pihak yang mampu membeli. Kita tidak mau nanti beban ke­seluruhan ini jadi beban pe­merintah. Yang selama ini kita juga selalu bicara positif-negatif. Ketika bicara subsidi listrik 450-900VA, kita harap­kan jangan salah sasaran se­perti subsidi BBM yang dinik­mati juga oleh kalangan yang tidak pantas menerima BBM itu,” paparnya.

Erick mengaku baru saja bertemu para pengusaha ter­gabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indone­sia. Dalam pertemuan itu, Erick menyampaikan agar anggota Kadin mengikuti pro­gram vaksin mandiri.

”Kita sampaikan ke Kadin, nanti program vaksin mandiri ya. Kita harapkan anggota Ka­din ya mandiri, tidak perlu minta yang subsidi. Saya dapat tanggapan positif dari Kadin. Di sini ada Grup Lippo, Grup Astra, Grup Sinarmas, Grup Medco, yang bukan tidak mun­gkin mereka juga berani untuk membeli vaksin sendiri untuk kebutuhan karyawan mereka,” tandasnya. (de/feb/run)

Baca Juga  Kategori Kelas BPJS Kesehatan Bakal Dihapus Tahun Depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.