PUPR Kaji Jembatan Penghubung Blok F dan Masjid Agung

by -

METROPOLITAN – Progres pembangunan Blok F Pasar Kebon Kembang di Jalan Dewi Sartika kini sudah men­capai 73 persen. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebut November nanti bakal dilakukan soft launching. Itu setelah pihaknya meninjau progres pembangunan Blok F bersama Direktur Perumda Pasar Pakuan Jaya, Muzzakir.

“Kalau tidak ada halangan, Februari 2021 akan beres. Kami berharap November bisa soft opening agar pembangunan lanjutan, khu­susnya yang ada di sekitar luar gedung, bisa dilaksana­kan,” ungkap Dedie.

Dedie mengatakan, pembangunan lanjutan di sekitar luar gedung mencakup beberapa utilitas. Di antaranya saluran air, landscape dan sarana prasarana lainnya yang posisinya kini diperuntukkan Tempat Penampungan Se­mentara (TPS) eksisting. Se­hingga pedagang yang ada di TPS harus lebih dahulu masuk Lantai 1 Blok F.

Baca Juga  Garap MA Salmun, PUPR Minta Duit Pemprov Rp60 Miliar

”Kalau dilihat dari struktur secara konstruksi dari Lantai 1 sampai 4, sudah selesai. Ting­gal finishing, detail interior, lift, eskalator. Dan ini sangat repre­sentatif,” kata Dedie.

Tak ayal, menurut Dedie, Blok F memungkinkan juga untuk menampung PKL De­wi Sartika yang direlokasi ke Jalan Nyi Raja Permas, bebe­rapa waktu lalu.

Dengan PKL dipindah ke Blok F, Pemerintah Kota (Pem­kot) Bogor akan melakukan penataan secara menyeluruh, mulai dari pasar, Alun-alun Kota Bogor dan juga Masjid Agung. Termasuk usulan me­nyambungkan Blok F dengan Masjid Agung. Mengingat sarana perparkiran di Blok F bisa turut dimanfaatkan ja­maah masjid.

”Supaya nanti tidak kehuja­nan, ada usulan membuat jembatan dari Blok F ke masjid. Ini yang akan dikaji bersama PUPR,” imbuh Dedie.

Baca Juga  JEMBATAN MAUT BOGOR-DEPOK

Di tempat yang sama, Di­rektur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya, Muzzakir, menga­ku pada saat soft launching November nanti pihaknya akan mengupayakan pedagang eksisting yang kini ada di TPS masuk Lantai 1. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.