Swadaya Masyarakat Cibalung Percepat Proyek RTLH

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Desa (Pemdes) Cibalung, Kecamatan Cijeruk, mene­rima kucuran dana Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Sebanyak tujuh unit rumah warga tidak mampu sedang dikerjakan. Dari ketujuh rumah itu, ting­gal tiga unit yang kini masih dalam pengerjaan.

”Kami targetkan Minggu atau beberapa hari ke depan selesai. Tinggal merapikan, seperti mengecat dan me­masang kaca jendela. Insya Allah dua hari lagi sudah bisa ditempati,” ungkap Ke­pala Urusan Tata Usaha, Umum dan Perencanaan Desa Cibalung, Wahyudin.

Ia bersyukur dengan ang­garan Rp15 juta per unit, pembangunan dan rehab RTLH bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Dengan adanya swadaya masyarakat, pembangunan rumah warga kurang mampu bisa selesai sesuai rencana.

Baca Juga  Pemdes Cuek, Rumah Ida Nyaris Roboh

”Empat rumah selesai se­ratus persen. Sisanya tiga rumah lagi. Sebanyak 90 persen tinggal perapihan. Untuk yang sudah selesai Laporan Pertanggungjawaban (LPj)-nya kita langsung bu­at agar bisa mengajukan lagi untuk 2021,” ujarnya.

Karena masih ada rumah yang perlu dibantu untuk diperbaiki atau dibangun, ia meminta kuota RTLH ditam­bah. Namun, ia juga mengaju­kan ke program Bantuan Presiden (Banpres) agar semakin banyak yang ter­bantu.

”Masih ada dan kita bukan hanya mengajukan ke Pem­da Kabupaten Bogor, tapi kita ajukan ke provinsi dan Banpres supaya RTLH di Ci­balung tidak ada lagi. Semua telah kita ajukan sesuai skala prioritas,” pungkasnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *