Tiga Calon Sekda Kota Bogor Ketemu Para Kepala SKPD di KRB

by -

METROPOLITAN.id – Sepekan jelang masa purna bhaktinya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengungkapkan fakta mengejutkan tentang tiga nama calon penggantinya nanti, yang sudah melewati proses seleksi lelang jabatan terbuka atau open bidding, beberapa waktu lalu.

Yakni pada Selasa (22/9) lalu, rupanya ketiga calon sekda itu sempat dibawa oleh Wali Kota Bogor Bima Arya ke Kebun Raya Bogor (KRB), untuk dipertemukan dengan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Luar biasa, Selasa (22/9) kemarin, mereka dipertemukan ke semua kepala dinas (kadis) di KRB. Calon-calon ini disampaikan didepan para kadis oleh Pak Wali,” katanya saat ditemui Metropolitan.id di Mako Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, Kamis (24/9).

Dalam pertemuan tersebut, Ade Sarip menggambarkan jika ketiga calon tersebut sudah dikenal dengan baik oleh para kepala dinas se-Kota Bogor. Meskipun tidak semua calon berasal dari internal Pemkot Bogor.

Dalam pertemuan tersebut, Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim serta dirinya sempat melemparkan beberapa pertanyaan kepada para calon sekda dihadapan para kepala SKPD.

“Dari segi jawaban semua bagus untuk hal teknis. Tapi yang saya tekankan kepada mereka adalah komunikasi dengan berbagai pihak. Kan sekda itu harus bisa berkomunikasi dengan baik dan menjalin hubungan sebagai penyambung lidah pimpinan daerah,” ujar Ade Sarip.

Ia juga sempat dimintai pendapat Bima Arya terkait siapa yang pantas untuk meneruskan tongkat estafet yang dipegangnya selama kurang lebih delapan tahun itu.

“Tidak ada masalah eksternal ataupun internal (Pemkot Bogor) yang dipilih pak wali. Sebab tiga besar ini diyakini memiliki kemampuan yang sama. Ini tiga terbaik dari yang baik,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya kabarnya sudah memutuskan nama pengganti Ade Sarip Hidayat dari tiga nama calon yang lolos seleksi. Sebagai pemilik hak prerogatif, Bima Arya mengaku sangat menghormati hasil seleksi.

“Saya dan pak wakil menghormati hasil pansel. Tim pansel ini kan bukan sembarangan ya, jadi luar biasa sekali. Kita sangat merujuk hasil pansel. Secara figur ideal semuanya ada kelebihan dan kekurangan sekarang,” tukasnya.

Diketahui, Panitia Se­leksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor sudah menyerahkan tiga nama calon sekda dengan nilai ter­baik kepada Wali Kota Bogor Bima Arya di Balai Kota Bogor, Kamis (17/9) malam.

Dalam surat pengumuman Nomor: 017/PANSEL.JPT. Sekda-Bgr/2020 tentang Daf­tar Tiga Orang Peserta Seleksi dengan Nilai Terbaik pada Seleksi Terbuka Jabatan Ting­gi Pratama Sekda Kota Bogor 2020, ada tiga nama yang berhasil lolos.

Dari tiga nama itu, dua di antaranya PNS internal Pemkot Bogor, yakni Firdaus yang kini duduk sebagai kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pin­tu (DPMPTSP) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangu­nan Daerah (Bappeda) Hana­fi.

Satu lagi merupakan PNS Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor, yaitu Syarifah Sofiah, yang tengah menjabat kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). (dil/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *