Tiga Jam Hujan, 500 Ribu Liter per Detik Air Lewat Bendung Katulampa

by -

METROPOLITAN.id – Hujan deras yang turun di sebagian besar wilayah Kota dan Kabupaten Bogor pada Senin (21/9) sore, menyebabkan tingginya volume air Sungai Ciliwung di bendung Katulampa, Kota Bogor.

Berdasarkan pantauan Metropolitan.id hingga pukul 18:51 WIB, ketinggian air naik hingga menyentuh angka 250 sentimeter atau Siaga I. Sebab, hujan sudah mulai turun di daerah hulu atau sekitaran Puncak, pukul 16:00 WIB dan di Kota Bogor sekitar pukul 17:00 WIB.

“Kenaikan pertama pukul 17:53 WIB ketinggian 120 sentimeter. Kemudian kembali naik pukul 17:56 WIB dengan ketinggian 170 centimeter. Lalu pukul 18:04 WIB di 200 sentimeter dan sekarang sudah 250 sentimeter,” kata petugas Bendung Katulampa Achmad Aliyudin, Senin (21/9).

Baca Juga  Siap Dakwah Digital, Ini Kata Wakil Wali Kota Bogor

Ia menambahkan, saat ini ada sekitar 500 ribu liter perdetik air yang mengalir di aliran Sungai Ciliwung, yang menuju ke wilayah DKI Jakarta. Diperkirakan air akan sampai ke ibukota sekitar pukul 06:00 WIB besok, atau 9 sampai 12 jam ke depan.

Untuk itu, pihaknya pun mengimbau bagi seluruh warga yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung untuk mewaspadai kondisi ini karena kawasaan Puncak dan sekitarnya masih hujan dan kondisi masih siaga 1.

“Kita akan terus kordinasikan dengan pintu air lainnya untuk memantau ketinggian air,” pungkasnya.(dil/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.