Tingkatkan Kompetensi Wartawan lewat Pelatihan

by -
YOGI/METROPOLITAN

METROPOLITAN – Setelah sukses menggelar pelatihan fotografi, beberapa waktu lalu, Kelompok Kerja Wartawan (Pokwan) DPRD Kabupaten Bogor kembali menggelar pe­latihan serupa dengan tema berbeda. Untuk membekali rekan-rekan media dalam men­jalankan tugas profesinya se­bagai seorang jurnalis, Pokwan DPRD menggagas diskusi ten­tang indepth reporting.

Ketua Pokwan DPRD Kabu­paten Bogor Saeful Ramadhan mengatakan, secara umum, acara bertajuk Ruang Jurna­lisme Kelompok Wartawan (Rujukan) merupakan satu wadah untuk meningkatkan kompetensi berkaitan dengan regulasi dan teknik jurnalisme untuk anggota Pokwan DPRD Kabupaten Bogor.

Kali ini, acara yang berlangs­ung di Sekretariat Pokwan Ka­bupaten Bogor di Kompleks Pemerintahan DPRD Kabupa­ten Bogor itu membahas tata cara penulisan berita menda­lam. ”Kemarin kita sempat membahas kaidah-kaidah fotografi. Dan sekarang kita membahas soal penulisan be­rita mendalam,” ujarnya.

Saeful menjelaskan Rujukan merupakan salah satu kegiatan rutin internal Pokwan DPRD Kabupaten Bogor yang digelar sekali dalam satu bulan. Saeful menegaskan acara tersebut bersifat independen, nonpar­tisan dan dilaksanakan secara swadaya.

Kegiatan tersebut biasanya mendatangkan orang-orang yang memang berkompeten dengan tema yang dibahas. ”Jadi mereka yang kita datan­gkan benar-benar orang yang kompeten dengan tema yang akan kita bahas. Bahkan kali ini kita mendatangkan ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Sur­bakti mengaku sangat senang dapat diundang dalam berba­gai cerita dalam acara Rujukan Pokwan DPRD Kabupaten Bogor. (ogi/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *