TMMD Sasar Desa Ciomas Bogor, TNI Bangun Akses Jalan Tenjo-Cigudeg-Parungpanjang

by -

METROPOLITAN.id – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) bakal digelar September ini. Di Kabupaten Bogor, TMMD yang akan dimulai pada 22 September hingga 21 Oktober ini menyasar Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo.

Pemilihan Desa Tenjo bukan tanpa alasan. Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol (Inf) Sukur Hermanto mengatakan, pemilihan lokasi TMMD mempertimbangkan kondisi sosial dan lingkungan suatu wilayah.

Di Desa Ciomas, masyarakat selama ini kesulitan mengakses jalan menuju Parungpanjang dan Cigudeg.

Menurut Sukur, jalan desa yang ada saat ini belum bisa digunakan. Sehingga, untuk menjangkau wilayah Parungpanjang dan Tenjo, warga harus memutar hingga 7 kilometer.

“Desa Ciomas masyarakatnya selama ini kesulitan mengakses jalan besar ke Parungpanjang-Cigudeg. Ini akses yang ingin kita selesaikan. Sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Sukur usai Rakornis TMMD ke 109 tahun 2020 di Aulia Sudirman Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Kamis (3/9).

Baca Juga  PSBB, Koni Kabupaten Bogor Sebar Sembako dan Masker Gratis

Untuk itu, TMMD akan membangun jalan desa yang memiliki panjang 2,5 kilometer dengan lebar 7 meter tersebut.

“Kita kerahkan 150 personel TNI dan melibatkan masyarakat serta instansi terkait. Karena sasaran kita bukan hanya pembangunan fisik, tetapi non-fisik juga,” ungkapnya.

Karena masih berada dalam situasi pandemi, TMMD kali ini akan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, desa terisolasi dan desa yang infrastrukturnya masih kurang menjadi prioritas TMMD, seperti Desa Ciomas.

Jalan desa yang akan dibangun pada TMMD kali ini sangat penting untuk masyarakat. Sebab, menghubungkan tiga kecamatan, Yakni Tenjo, Cigudeg dan Parungpanjang.

“Memang kita prioritaskan desa-desa yang infrastrukturnya masih kurang. Sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan masyarakat. Jalan yang akan dibangun ini akan memudahkan juga untuk distribusi pertanian dan kebutuhan lainnya,” ujar Burhan.

Baca Juga  Cek Lahan Jalan Bomang, Bupati Bogor Geleng-geleng

Menurut Burhan, TMMD merupakan wujud kemitraan dan sinergitas antara TNI dan pemerintah daerah. Desa-desa yang sudah merasakan TMMD diakuinya menunjukan kemajuan, khususnya di bidang infrastruktur.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sangat mendukung penuh TMMD dan Kodim/0621 Kabupaten Bogor sebagai pelaksana.

“Kalau dari pemda biasanya melibatkan PUPR, DPMD, Satpol PP Linmas. Ada juga kegiatan pembinaan seperti dari Dinkes, Dinas KB, Kemenag dan lainnya. Intinya pemda bukan hanya berterima kasih, kita mendukung sepenuhnya,” pungkasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.