UMKM Bogor Berkreasi di Tengah Pandemi, Kopi Bogor Ikut unjuk Gigi

by -

METROPOLITAN.id– Puluhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor berjejer rapi dihalaman Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor.

Mereka mengikuti bazar yang diadakan rutin untuk memperkenalkan dan memasarkan berbagai produk. Dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan tersebut, bazar ini ramai didatangi pengunjung.

Pelbagai olahanan makanan hingga kerajinan tangan tertata di setiap stand yang disediakan panitia.
Acara yang bertemakan Bazar Ekspresi Pelaku UMKM di Tengah Pandemi ini memasarkan produk dari tujuh kecamatan di Kabupaten Bogor, yang digilir setiap minggunya.

Seperti pemilik Kopi Naon, Saptariyani. Wanita yang juga dikenal sebagai politisi ini mengaku bangga dengan produk kopinya. Terlebih, kopi yang dijualnya merupakan kopi dari para petani di Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Warga Kertajaya Membangun Desa Semangat Lestarikan Budaya Gotong-royong

“Kalau soal rasa, ini bisa diadu dengan kopi-kopi dari mancanegara,” kata Saptariyani.

Kopi asal Bogor ini lengkap, ada robusta dan arabika. Letak geografis Kabupaten Bogor yang merupakan wilayah pegunungan membuat daerah ini kaya akan kopi robusta. Salah satunya yang kini dikembangkan olehnya yakni kopi dari daerah Gunung Salak cap Kujang.

“Kopi ini tingkat keasamannya pas dan tidak membuat penikmatnya sakit perut,” ucap Saptariyani.

Pamdemi covid-19 ini memang sangat berdampak bagi pelaku UMKM. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana menjelaskan, bazar UMKM ini dilakukan untuk membantu membangkitkan para pelaku UMKM. Bazar digelar selama 5 hari, terhitung dari Senin hingga Jumat.

Baca Juga  Petugas Siaga Pantau Debit Air di 6 Aliran Sungai

“Pandemi sangat berpengaruh dalam pendapatan pelaku UMKM, anjlok hingga 70 persen. Bazar ini kita adakan untuk membangkitkan kembali pelaku UMKM,” terang Asep.

Asep berharap, kepercayaan diri pelaku UMKM bisa terus tumbuh demi meningkatkan pendapatan mereka.

“Semua gratis, dan ini program spontanitas dari dinas. Kami melihat Ibu Bupati Bogor begitu semangat untuk menyosialisasikan produk-produk UMKM di media sosial dan itu yang menginsipirasi kami,” ucapnya.(yok/fin))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *