Wapres Ingin Kampus Daring Tetap Berkualitas

by -
DOK/KIP/SETWAPRES

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Ikut meresmikan Universitas Siber Asia (UNSIA). Dalam peresmian ini, Ma’aruf Amin mengingatkan agar proses perkuliahan yang dilakukan secara online tidak mengurangi mutu pembelajaran

MENURUTNYA, lembaga pendidkan tinggi berbasis daring justru diharapkan mampu meningkatkan mutu dan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia serta mendorong daya saing di tingkat internasional.

”Tidak boleh ada excuse terhadap kualitas, baik kua­litas pembelajaran maupun pengujian,” ujar Ma’ruf saat meresmikan Universitas Siber Asia melalui daring, Selasa (22/9).

Ia juga menekankan ma­hasiswa tetap bisa diuji dengan standar yang sama dengan pembelajaran kon­vensional. Hal ini untuk memastikan kualitas pem­belajaran dan lulusan pro­gram studi ini tetap dapat dipertahankan bahkan dit­ingkatkan.

”Para dosen harus keluar dari gaya konvensional dan lebih inovatif dalam me­nyiapkan materi dan meka­nisme pembelajaran, serta memanfaatkan seluruh po­tensi teknologi yang ada untuk membantu pelaks­anaan pembelajaran. Di sisi lain, mahasiswa juga dituntut harus lebih man­diri,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf menyambut baik pe­resmian Universitas Siber Asia sebagai perguruan tinggi yang mengusung pembelajaran penuh secara online (e-lear­ning). Ma’ruf meyakini, pen­dirian kampus berbasis daring akan memberikan akses pendidikan tinggi yang selu­as-luasnya dan terjangkau kepada masyarakat.

Apalagi, data BPS menunju­kan angka pertispasi kasar (APK) perguruan tinggi pada tahun 2019 masih sekitar 30,28 persen. Artinya dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 19-23 tahun, masyarakat yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi hanya se­kitar 30 persen.

Sedangkan menurut data Survei Angkatan Kerja Na­sional (SAKERNAS) BPS, pada Februari 2020, angkatan kerja kita yang berjumlah 137,91 juta, hanya 14,2 juta lulusan perguruan tinggi atau hanya 10,3 persen yang ber­kesempatan menikmati pen­didikan tinggi. ”Adanya Uni­versitas Siber Asia ini, saya berharap angka-angka ter­sebut akan terus meningkat. Sehingga masyarakat yang dapat menikmati pendidikan tinggi akan terus bertambah,” katanya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada Universitas Siber Asia agar membekali pendidikan karakter kebangsaan bagi para mahasiswanya. (re/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *