Webinar Disdukcapil Kota Bogor Menyapa Masyarakat, Bahas Sekelumit Akta Kelahiran

by -
DISDUKCAPIL

METROPOLITAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menggelar seminar daring atau webinar bertajuk ’Dukcapil Menyapa Masyarakat’, akhir pekan lalu.

Para peserta webinar yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari warga, anggota DPRD, aparatur wi­layah kelurahan dan kecama­tan, pemerhati kebijakan publik, LSM hingga komunitas, turut serta dalam webinar kedua dengan tema akta kelahiran.

”Ini webinar seri kedua, se­telah pertama kali dilakukan dua minggu sebelumnya. Tajuknya sama, ’Dukcapil Me­nyapa Masyarakat’. Tema-nya berbeda-beda tiap seri. Kita mulai ini dua minggu sekali. Nah, kali ini membahas tentang akta kelahiran,” kata Kepala Disdukcapil Kota Bogor Sujat­miko Baliarto.

Hal itu, jelasnya, meninda­klanjuti arahan Ditjen Dukca­pil, di mana setiap Disdukcapil daerah diharapkan melakukan kegiatan webinar di masa pan­demi ini agar tetap menyam­paikan informasi kepada ma­syarakat.

Ia menambahkan, webinar berlangsung menarik lantaran menjadi kesempatan warga untuk bertanya langsung ten­tang tata cara, persyaratan hingga prosedur pembuatan akta kelahiran. Termasuk me­manfaatkan layanan aplikasi Sikancil Berlari. Selain itu, ada pula warga yang mengapre­siasi aplikasi tersebut karena membantu mengurus admi­nistrasi kependudukan di tengah situasi pandemi Covid-19.

”Ada juga keluhan dan saran-saran. Misalnya ada saran apakah bisa pengurusan akta kelahiran, mulai dan selesai di satu tempat di kecamatan saja, tanpa harus ke kantor Disdukcapil. Nah, masukan seperti itu akan kami tindak lanjut dan dibahas untuk kemungkinannya seperti apa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan pada Disdukcapil Kota Bogor Mugi Lastono menu­turkan, dengan kegiatan kali ini juga tersampaikan bebera­pa masukan tentang sosiali­sasi yang lebih masif lagi ter­kait webinar ini, sehingga lebih banyak masyarakat yang ber­partisipasi.

”Sehingga masyarakat bisa mendapat lebih banyak infor­masi soal berbagai administa­si kependudukan. Kali ini soal akta kelahiran, webinar sebelumnya pengenalan ke­giatan webinar itu sendiri. Ke depan, temanya akan beda-beda tentang pelayanan ke­pendudukan di Disdukcapil,” bebernya.

Sehingga dari webinar Dis­dukcapil, warga akan lebih paham tentang mekanisme, tata cara, persyaratan hingga prosedur dari layanan admi­nistrasi kependudukan.

”Output-nya pada webinar kali ini agar tersampaikannya informasi terkait persyaratan dari dokumen akta kelahiran. Mungkin banyak yang belum tahu tentang empat jenis akta kelahiran. Nah, warga bisa mendapatkan informasi di webinar ini. Juga informasi lain pada webinar selanjutnya,” pungkas Mugi. (ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *