228 Petani Tugujaya Dapat Kartu Tani

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Desa (Pemdes) Tugujaya, Kecamatan Cigombong, me­nyerahkan 228 kartu tani se­cara simbolis di aula kantor desa, dengan dihadiri lem­baga desa dan ketua RT/RW serta tokoh masyarakat se­tempat.

Kades Tugujaya, M Rifky Abdillah, mengatakan, pe­merintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Ke­mentan) telah meluncurkan Kartu Tani sebagai sarana akses layanan perbankan guna meningkatkan kesejah­teraan petani. Sehingga man­faat yang dirasakan tak hanya bagi Pemdes Tugujaya, tapi juga bermanfaat untuk pe­tani. ”Dengan kartu tani ini, petani bisa membeli pupuk bersubsidi, menjual langsung hasil panen,” paparnya.

Ia juga mengajak semua pi­hak ikut membantu mening­katkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meny­elesaikan permasalahan pe­tani, baik permodalan, pe­masaran maupun teknis budidaya. Ia juga berharap para petani menggunakan kartu tani yang disalurkan sebaik-baiknya menjadi pe­tani sejahtera. ”Saya berharap kartu tani ini jadi salah satu solusi memperkecil atau menurunkan tingkat kendala yang dialami petani,” terang­nya.

Baca Juga  Desa Tugujaya Bangun Minimarket BUMDes

Sementara itu, Tenaga Peny­uluh Pertanian (TPP), Cas­roni, menambahkan, penyuluh pertanian siap mendampingi petani agar semakin maju dan berkembang. Mulai dari pem­belian pupuk, menggarap lahan, merawat sampai panen. ”Supaya nantinya bisa men­ghasilkan hasil panen yang melimpah,”ucapnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *