63 Juta Guru Terdampak Covid-19

by -
RAMADA KUSUMA/JAWA POS

METROPOLITAN – Setiap 5 Oktober, seluruh negara memperingati Hari Guru Sedunia, di mana hal ini ber­tujuan untuk mengakui status dan peran penting para guru. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, guru lah yang me­mimpin dalam krisis untuk menata generasi masa depan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, mengata­kan, berdasarkan data UNES­CO, akibat pandemi para guru yang tidak bisa melaks­anakan pembelajaran secara langsung sebanyak 63 juta guru. Di Indonesia sendiri total terdapat 4 juta guru.

“Pandemi Covid-19 juga berdampak bagi lebih dr 63 juta guru di seluruh dunia,” terangnya dalam webinar Peringatan Hari Guru Sedu­nia 2020, Kamis (8/10).

Selain itu, 1,6 miliar pe­serta didik juga terkena dam­pak. Mereka dipaksa belajar dari rumah. Adapun total peserta didik di Indonesia berjumlah sekitar 68 juta jiwa.

“UNESCO melaporkan ham­pir 1,6 miliar peserta didik terdampak dari penutupan sekolah,” imbuhnya. Namun, terlepas dari fakta yang tidak kita inginkan ini. Peran para guru untuk tetap memberikan pembelajaran secara maksi­mal patut diapresiasi.

“Kita masih melihat kiprah luar biasa dari para guru. Para guru dengan hati nu­rani, dengan segala keterba­tasan memilih untuk mela­njutkan mengajar. Bagaima­napun caranya daripada murid-muridnya sama se­kali tidak mendapatkan pem­belajaran,” ucapnya.

Kepemimpinan para guru pada masa sulit ini, kesang­gupan para guru tetap me­nyiapkan masa depan bagi murid-muridnya merupakan suatu hal yang luar biasa. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru di dunia dan berharap se­mangat ini dapat terus dila­kukan meskipun pandemi telah berakhir.

“Terima kasih saya, yang tak terhingga bagi ibu dan bapak guru yang telah men­gorbankan waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi para murid. Ibu dan bapak muliakan sekarang kita perlu berpikir jauh melompat dari masa pan­demi,” ungkap Nadiem. (jp/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *