95 Tenaga Pendidik Jadi Agen Penggerak Pendidikan

by -

METROPOLITAN – Puluhan tenaga pendidik di Kabupaten Bogor mengikuti program pe­latihan Guru Penggerak yang diadakan Kemendikbud. Pe­latihan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi pengajaran di daerah.

Kepala Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabu­paten Bogor, Ucu Sunarya, menjelaskan, program Guru Penggerak berfokus pada mu­rid dan pengembangan holis­tik. Pelatihan yang menekankan pada kepemimpinan instruks­ional melalui on-the-job coach­ing, pendekatan formatif dan berbasis pengembangan serta kolaboratif dengan pendekatan sekolah menyeluruh.

“Untuk di Kabupaten Bogor sendiri diikuti 95 peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah serta tersebar di empat titik pelaksanaan pelatihan pada 13 Oktober,” jelasnya.

Menurutnya, terdapat tiga modul pelatihan. Paket per­tama adalah Paradigma dan Visi Guru Penggerak dengan materi refleksi filosofi pendi­dikan Indonesia–Ki Hadjar Dewantara, nilai-nilai dan visi Guru Penggerak dan membangun budaya positif di sekolah.

Paket kedua, sambung dia, Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid dengan materi pembelajaran berdife­rensiasi, pembelajaran sosial dan emosional serta pelatihan (coaching). Paket ketiga adalah Kepemimpinan Pembelajaran dalam Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah be­risi materi tentang pengambi­lan keputusan sebagai pemim­pin pembelajaran, pemimpin dalam pengelolaan sumber daya dan pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid.

“Di setiap titik terdapat pen­damping yang menjadi men­tor dari peserta, namun dengan kondisi pandemi saat ini pelaksanaan pemaparan ma­teri dilakukan dengan meng­acu pada protokol kesehatan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna, mengatakan, melalui visi merdeka belajar, Guru Penggerak diharapkan bisa mencetak sebanyak mun­gkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan. Mampu menghasilkan murid-murid berkompetensi global dan berkarakter Pancasila, mampu mendorong transfor­masi pendidikan Indonesia, mendorong peningkatan pre­stasi akademik murid, menga­jar dengan kreatif dan mengembangkan diri secara aktif. “Besar harapan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Guru Penggerak bisa berperan lebih dari peran guru saat ini sebagai penajam ujung tombak dunia pendidikan daerah un­tuk mencerdaskan penerus bangsa,” harapnya. (rb/feb/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *