Berpikir Positif Bisa Maksimalkan Kerja

by -

Awit Wulandari. Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah sepuluh tahun mengabdi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor itu berbagi pengalaman soal sepak terjangnya di dunia birokrat.

­

WANITA yang kini menjabat kepala Seksi Kerja Sama Ino­vasi pada Dinas Kependudu­kan dan Catatan Sipil (Dis­dukcapil) Kabupaten Bogor itu sudah melanglang men­cicipi bidang pekerjaan yang beragam.

Sejak diangkat menjadi PNS di teras Pemkab Bogor, Awit Wulandari banyak menimba ilmu. Termasuk membawanya memiliki pengalaman ber­harga yang tak mudah ia lu­pakan.

Bekerja sebagai PNS tentu harus siap jika sewaktu-wak­tu posisinya digeser. Tak melulu di bidang yang sama, bahkan sering kali dipindah­tugaskan dengan bidang baru.

Seperti pengalamannya sendiri saat diterima sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia harus melewati tangga karier mulai dari staf biasa, staf pelaksana humas hingga menjabat kepala seksi saat ini.

”Kuncinya satu. Ikhlas. Apa pun pekerjaan, kalau kita ik­hlas maka semua terasa mu­dah. Lain halnya jika peker­jaan dilakukan dengan keter­paksaan maka yang timbul justru sebaliknya,” katanya.

”Ini kunci saya bekerja. Bisa dibilang moto dalam menja­lani tugas. Ikhlas dan senang,” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin.

Tak cuma itu, ia juga meya­kini bahwa berpikir positif dapat menghasilkan peker­jaan yang maksimal. ”Berpi­kir positif itu bisa mengelu­arkan energi luar biasa. Jadi berasa tidak ada hambatan dan selalu ada solusi jalan keluar dalam menjalaninya,” ujar alumnus Unpad Bandung itu.

Di sisi lain, pada tupoksi yang dijalaninya sebagai kasi Ker­ja Sama Inovasi, ratusan wi­layah desa sudah dijajakinya. Baik melintasi Bogor Utara, Barat, Selatan, Tengah dan Timur.

”Alhamdulillah hampir 436 desa kelurahan sudah diham­piri. Khususnya dalam sosia­lisasi data kependudukan. Jika sebelumnya tidak tahu wilayah, sekarang jadi tahu. Jadi banyak pengalaman, ter­lebih saat ada warga yang mengeluhkan data kependu­dukan, dan kami bisa respons cepat,” pungkasnya. (yos/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *