Bunga Bangkai Tumbuh di Halaman Rumah, Keluarkan Bau tak Sedap dan Jadi Tontonan Warga

by -

Warga Kampung Gedong, RT 05/10, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, dihebohkan dengan penemuan bunga bangkai yang tumbuh di halaman rumah warga. Bunga ini mengeluarkan bau tak sedap hingga jadi tontonan warga.

AWALNYA, bau tidak sedap itu tercium dari halaman rumah Subadi (50). Sang pemilik rumah pun curiga. Saat didekati, ternyata bunga bangkai tumbuh di depan rumahnya. Subadi pun berce­rita, empat hari lalu bunga bangkai itu hanya berbentuk seperti tumbuhan biasa ber­warna hijau dan masih kuncup. Ukurannya pun kecil hanya sekitar kepalan tangan. ­

Ternyata, Rabu (14/10) sore, bunga bangkainya mekar sem­purna dan mengeluarkan bau tak sedap yang cukup semerbak. ”Ternyata pas berkembang itu sudah banyak lalat di bunganya. Terus warga ramai pada datang ke sini,” katanya.

Menurutnya, bunga bangkai itu tumbuh dari pohon suweg yang ia tanam beberapa tahun lalu. Awalnya pohon suweg itu ia tanam hanya untuk disayur umbinya saja. Pohon suweg itu ia bawa dari peda­laman di Purworejo, Jawa Tengah. Beberapa kali umbi­nya ia pakai untuk dimasak.

”Saya nemu ada bakal tu­nasnya, saya tanam lagi di halaman. Awalnya mau di­masak. Tapi karena kebanya­kan, ya sudah saya diemin. Tapi ternyata bunganya tum­buh,” ungkapnya.

Saat Metropolitan.id men­datangi ke lokasi, Kamis (15/10), bunga bangkai war­na merah cerah setinggi se­kitar 60 cm dan lebar sekitar 30 cm masih mekar sempur­na. Namun, aromanya tak begitu tercium siang itu. ”Ka­lau kemarin sore itu baunya sampai tercium ke dapur, sampai jarak 18 meter tercium,” imbuhnya.

Informasi bunga bangkai yang muncul di rumahnya ini mulai tersebar di kalangan tetangga. Banyak tetangganya yang datang karena penasaran. ”Ini memang munculnya baru pertama kali. Dari kemarin lumayan tetangga pada datang. Ya nggak apa-apa ngelihat, saya nggak mau komersilin,” ujar Subadi.

Seorang warga yang pena­saran, Wiwid, mengaku baru pertama kali melihat bunga bangkai ini. ”Ya kemarin ramai di grup WA, makanya saya kemari,” tuturnya. Ia dan warga lainnya yang mayoritas ibu-ibu berbondong-bondong mendatangi rumah Subadi untuk melihat langsung bunga bangkai. (cr3/c/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *